Sabtu, 12 Juni 2021

Sabtu, Juni 12, 2021
Aksi bersih-bersih di Monumen KA Pemeliharaan VDM 800 GS dalam rangka peringatan hari lingkungan hidup sedunia, Sabtu (12/6).

KEJAKSAN (CIREBON BRIBIN) - Dalam rangka memperingati Hari Lingkungan Hidup Sedunia tahun 2021, pihak PT KAI Daop 3 Cirebon bersama 50 anggota komunitas pecinta KA dari wilayah Cirebon, Bandung, Semarang dan Jakarta mengadakan acara aksi bersih - bersih lingkungan, Sabtu (12/6). Adapun yang menjadi objek kegiatan ini diantaranya aksi bersih-bersih di Monumen KA Pemeliharaan VDM 800 GS, trotoar sekitar Jalan Siliwangi - Cirebon dan pembagian stiker himbauan selalu disiplin berlalu lintas di perlintasan. Kegiatan tersebut bernamakan "#Dari Spoor (Jalan Rel KA/red) Menjadi Sedulur".

Ketua Komunitas Pecinta KA Edan Sepur Wilayah Cirebon, Ferry mengatakan,
dalam pelaksanaan kegiatan ini, tetap menerapkan protokol kesehatan, seperti memakai masker, menjaga jarak, menggunakan sarung tangan dan sebelum kegiatan para peserta telah mempunyai surat bebas Covid-19.

"Kami dari komintas pecinta kereta api Edan Sepur wilayah Cirebon bersama perwakilan komunitas pecinta KA dari Kota Bandung, Semarang dan Jakarta, mengadakan acara bersih - bersih di sekitar lingkungan Jalan Siliwangi - Cirebon, terutama di monumen KA Pemeliharaan VDM 800 GS yang menjadi icon kantor PT KAI Daop 3 Cirebon," katanya.

Tema Peringatan Lingkungan Hidup Sedunia di tahun 2021 ini adalah "Environment Restorasi" atau "Restorasi Lingkungan". Dimana maksud dari Restorasi Lingkungan adalah upaya mengembalikan ekosistem ke kondisi awal mula, yang mencakup usaha pencegahan dan mengatasi berbagai kerusakan alam yang disebabkan oleh tangan - tangan manusia.

Sejarah Hari Lingkungan Hidup sedunia berawal ketika PBB menggelar konferensi pertama tentang lingkungan hidup, kemudian dari pertemuan ini menghasilkan Deklarasi Stockholm pada tanggal 5 Juni 2021. Semenjak itu, setiap 5 Juni seluruh komponen masyarakat dunia selalu memperingati Hari Lingkungan Hidup Sedunia guna menunjukkan partisipasinya dalam mengurai isu - isu lingkungan hidup.

Sementara itu, Manager Humas PT KAI Daop 3 Cirebon, Suprapto mengatakan, semoga dengan kegiatan berupa aksi bersih - bersih di trotoal Jalan Siliwangi - Cirebon dan berakhir di lokasi Monumen KA Pemeliharaan VDM 800 GS, bisa menjadi momentum mengingatkan warga Cirebon khususnya, agar selalu menjaga kelestarian alam dengan meningkatkan kebersihan dan membuang sampah pada tempatnya.

"Mari kita jadikan Kota tercinta ini menjadi Kota yang bersih serta ramah lingkungan," Tutur Suprapto. (CB-003)