Selasa, 15 Juni 2021

Selasa, Juni 15, 2021
Wakil Wali Kota Cirebon, Eti Herawati meninjau pelaksanaan program Kotaku yang dimulai hari ini, Selasa (15/6).

HARJAMUKTI (CIREBON BRIBIN) - Wakil Wali Kota Cirebon, Eti Herawati, mengatakan pelaksanaan program Kotaku yang sedang berjalan selama 90 hari kedepan mulai hari ini, di delapan Kelurahan di Kota Cirebon.

Sedikitnya, ada 725 warganya kini bekerja dari program On The Job Training (OJT) Padat Karya Tunai (PKT) atau Cash For Work (CFW) yang diselenggarakan oleh Ditjen Cipta Karya Kementrian PUPR.

"Pada program ini bukan hanya soal kebersihan lingkungan saja, tapi juga mencakup UMKM, dan sebagaimana, sisanya semoga bisa didorong bagi 14 Kelurahan yang belum, minimal seluruh warga sepakat untuk membersihkan lingkungan," ujarnya.

Sementara itu, Bagian Koordinator Program Kotaku Nasir, kegiatan ini tengah berjalan di delapan Kelurahan, diantaranya Kelurahan Argasunya, Kalijaga, Pekalangan, Harjamukti, Pegambiran, Kejaksan, Sukapura.

"Dari semua, proses pencairan dananya langsung ke BKM, satu kelurahan terima sebanyak Rp. 300 juta, dan itu merata, mekanisme pencairannya 70% dulu, 30% lainnya nanti dikasih kalau hasil pengerjaanya sudah kelihatan," jelasnya.

Darj dana tersebut dikatakan, 65 persen untuk membayar upah pekerja, dan 35 persen untuk bahan material yang dibutuhkan. Nasir juga menambahkan selama kegiatan berlangsung, pihaknya akan memonitoring setiap harinya di masing-masing titik. (CB-004)