Minggu, 13 Juni 2021

Minggu, Juni 13, 2021
Sosialisasi AKB kepada pengurus dan santri Pondok Pesantren Madinatunnajah Kota Cirebon dilakukan dengan tetap mematuhi protokol kesehatan, Minggu (13/6).

HARJAMUKTI (CIREBON BRIBIN) - Tim 2 Velox Badan Intelejen Negara (BIN) gelar sosialisasi dan edukasi adaptasi kebiasaan baru (AKB) di Pondok Pesantren Madinnatunajah, Jalan Cirebon Permai 3, Kota Cirebon, Minggu (13/6).

Sosialisasi diberikan kepada perwakilan pengurus Ponpes dan juga perwakilan santri dengan tetap mematuhi protokol kesehatan.

Juru Bicara Tim 2 Velox BIN, Anthony mengatakan, kegiatan di Ponpes Madinatunnajah ini merupakan kelanjutan rangkaian sosialisasi yang telah dilakukan sejak tahun lalu.

"Kegiatan ini sudah dilakukan sejak maret 2020 di Jabodetabek, Banten, Jawa Barat, dan Jawa Tengah," katanya.

Kegiatan sosialisasi dan edukasi AKB ini menyasar fasilitas sosial, pendidikan dan fasilitas umum.

Dekontaminasi ruang belajar di Pondok Pesantren Madinatunnajah oleh Tim 2 Velox BIN

Untuk di Cirebon, sebelumnya sudah dilakukan di Gereja Santo Yusuf dan akan dilakukan juga dibeberapa tempat lainnya.

Dia menjelaskan, latar belakang dilakukannya sosialisasi dan edukasi ini karena melihat peningkatan jumlah kasus Covid-19.

"Kami sebagai perpanjangan tangan pemerintah mencoba memberikan sosialisasi, edukasi kepada masyarakat bahwa Corona atau Covid-19 bukan hoax, ini benar-benar ada," jelasnya.

Karenanya, Tim Velox BIN mencoba memberikan pemahaman agar masyarakat tentang Covid-19 dan cara menggantisipasinya.

"Edukasi ini untuk menjawab ketidaktahuan masyarakat atau pertanyaan-pertanyaan lain di masyarakat tentang Covid-19," lanjutnya.

Sosialisasi dan edukasi ini juga mencakup tentang penjelasan program vaksinasi yang dicanangkan Pemerintah sebagai upaya untuk mencegah semakin meluasnya penyebaran Covid-19.

"Kami harapkan pengurus maupun santri yang telah mendapatkan informasi, selanjutnya bisa menerapkan cara pencegahan Covid-19 dan meneruskan informasi tersebut kepada yang lain," ujarnya.

Penyerahan bantuan dari Tim 2 Velox BIN kepada Pondok Pesantren Madinatunnajah.

Sementara itu, Pimpinan Pondok Pesantren Madinnatunajah, KH. M. Abdul Mujieb Asmuni mengatakan, pihaknya mengapresiasi apa yang dilakukan Tim 2 Velox BIN.

Menurutnya, Ponpes sebagai tempat berkumpul, penting agar pengurus maupun santri memahami bahaya dan tata cara mengantisipasi penyebaran Covid-19.

"Semoga ini menjadi Amal ibadah bagi Tim 2 Velox BIN dan kita semua yang sudah mendapatkan informasi bahaya Covid-19, bisa lebih disiplin lagi menjaga protokol kesehatan," katanya.

Selain memberikan sosialisasi dan edukasi, Tim 2 Velox BIN juga melakukan dekontaminasi di kawasan Ponpes Madinnatunajah, sekaligus memberikan bantuan yang diserahkan langsung oleh Ketua Tim 2 Velox BIN dan diterima oleh Pimpinan Ponpes. (CB-003)