Rabu, 25 Januari 2023

Rabu, Januari 25, 2023
Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil dalam rangkaian agenda Siaran Keliling (Sarling) Jabar meninjau Pasar Pasalaran, Kabupaten Cirebon. Foto : Biro Adpim Jabar

PLERED (CIREBON BRIBIN) - Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil meninjau Pasar Pasalaran di Kecamatan Weru, Kabupaten Cirebon untuk mengendalikan inflasi dalam rangkaian agenda Siaran Keliling (Sarling) Jabar.

Guna menurunkan inflasi, menurutnya Pemda Kabupaten Cirebon bisa melakukan subsidi anggaran transportasi barang.

"Karena ada anggaran tidak terduga boleh menyubsidi transportasi barang, kalau bisa menurunkan harga," ucap Ridwan Kamil saat ditemui di Pasar Pasalaran, Kabupaten Cirebon, Rabu (25/1/2023).

Lebih lanjut Ridwan Kamil menjelaskan, agenda di Kabupaten Cirebon hari ini merupakan tindaklanjut arahan Presiden Joko Widodo beberapa waktu lalu saat Rakornas Forkopimda se-Indonesia di SICC Sentul, Bogor.

"Instruksi dari Presiden kepada kepala daerah adalah mengendalikan inflasi. Kabupaten Cirebon inflasinya di angka 4,8 persen," jelasnya.

"Jadi Cirebon saya apresiasi, salah satunya adalah Pak Bupati harus rajin ke pasar melihat (harga) apa yang naik dan mencarikan solusi," imbuh Ridwan Kamil.

Dari pantauan Ridwan Kamil tentang harga bahan pokok di Pasar Pasalaran, menurutnya terdapat beberapa yang naik, di antaranya bawang merah dan buah-buahan impor.

"Saya monitor (di Pasar Pasalaran) yang naik itu bawang merah, kemudian buah-buahan impor. Lain-lain stabil, bahkan daging ayam lagi turun, biasanya di atas Rp30.000 per kilogram sekarang Rp26.000," pungkasnya. (Cb-003)