Senin, 16 Oktober 2023

Senin, Oktober 16, 2023
Gelar Pangan Murah di Kantor Samsat Sumber, Senin (16/10).

SUMBER (CIREBON BRIBIN) - Dinas Ketahanan Pangan dan Perikanan (DKPP) Kabupaten Cirebon menggelar Gerakan Pangan Murah secara serentak dalam rangka memperingati Hari Pangan Sedunia (HPS), Senin (16/10).

Kegiatan Gelar Pangan Murah tersebut berlangsung di halaman Samsat Sumber, Kabupaten Cirebon.

Aneka bahan pokok, dijual dengan harga lebih murah dari harga pasar, seperti beras, telur ayam, sampai bawang.

Kepala DKPP Kabupaten Cirebon, Erus Rusmana mengatakan, kegiatan Gerakan Pangan Murah merupakan ini program dari Badan Pangan Nasional (Bapanas).

"Gerakan Pangan Murah dilakukan secara serentak skala Nasional untuk memperingati HPS," katanya.

Kegiatan tersebut merupakan sinergitas, kolaborasi program bersama semua unsur kepemerintahan untuk menekan lanju inflasi.

"Bekerjama dengan semua unsur terkait, seperti Bank Indonesia yang melakukan pengendali inflasi di daerah," sambungnya.

Erus menambahkan, ada alasan tersendiri mengapa Gerakan Pangan Murah digelar di Halaman Samsat Sumber.

Pasalnya, Samsat Sumber setiap harinya selalu ada pengunjung. Selain itu juga untuk memperkenalkan kepada masyarakat di wilayah Kecamatan Sumber.
"Dalam kegiatan tersebut melibatkan UMKM, KWT, dan Patriot Desa untuk menghadirkan produk produk umkm dari Seluruh Desa yang ada do Kab. Cirebon," katanya.

Sementara itu, dari Perum Bulog Cirebon, Imam Firdaus Jamal mengatakan, pihaknya siap berkolaborasi untuk melakukan penanganan terkait laju inflasi di Kabupaten Cirebon.

"Kami salah satu tim Pengendalian Inflasi Daerah siap berkolaborasi untuk melakukan kebijakan-kebijakan," katanya.

Imam mengatakan dalam kegiatan Gerakan Pangan Murah, Bulog membawa 5 Ton beras medium dengan harga Rp52 ribu untuk ukuran 5kg.

"Kisaran harga beras medium di pasaran Rp13 per kilogram. Dari bulog sendiri harganya Rp10.400 per kilogram. Mudahan-mudahan dapat membantu masyarakat dengan selisih harga Rp2.100 lebih ini," katanya. (CB-004)