Sabtu, 07 Oktober 2023

Sabtu, Oktober 07, 2023
Aneka bentuk atau karakter layangan menghiasi langit Mundu dalam Festival Layang-layang Internasional, Sabtu (7/10).

MUNDU (CIREBON BRIBIN) - Puluhan layang-layang hiasai langit Cirebon dalam acara Festival Layang-layang Internasional bertajuk "Roadshow Internasional Kite Festival" di Taman Muara Mundu Kabupaten Cirebon.

Festival Layang-layang Internasional akan berlangsung selama 2 hari, tanggal 7 dan 8 Oktober.

Sari Madjid Ketua Umum Komunitas Layang-layang Indonesia mengatakan dalam Festival Layang-layang Internasional akan diikuti oleh empat negara.

Empat negara tersebut adalah Malaysia, Singapura, Lebanon dan Indonesia yang menjadi tuan rumahnya.

"Ada 4 negara yang mengikuti Festival Layang-layang Internasional. Dari 4 negara tersebut membawa 50 Layang-layang,". Katanya. Sabtu (7/10)

Sari menambahkan Layang-layang yang dibawa para peserta memiliki banyak karakter seperti Komodo, Naga, Oktopus, pesawat dan sebagainya.

Panjang layang Layang-layang bervariasi, yang terpanjang dan terbesar layangan Komodo dengan panjang 30 meter. Untuk penerbangannya pun perlu diikat ke mobil, untuk menghindari terbawanya peserta yang menerbangkan.

"Layang Komodo teknis penerbangannya perlu menggunakan mobil sebagai tumpuan, karena tidak bisa jika penerbangannya dipegang sama orang", tambahnya.

Dalam Festival tersebut terlihat banyak masyarakat yang datang untuk menonton Layang-layang, tak jarang juga masyarakat berfoto dengan background layangan.

Salah satu pengunjung Festival Layang-layang Internasional, Hanan Sholih, mengapresiasi adanya kegiatan ini.

Dengan adanya festival tersebut, menurutnya dapat menambah wawasan baru tentang layang-layang.

Pria yang datang berasama kedua anaknya ini juga berharap dengan adanya Festival Layang-layang Internasional ini, Taman Muara Mundu dapat menjadi destinasi wisata baru di Kabupaten Cirebon agar dapat menaikkan perekonomian warga sekitar.

"Festival ini sangat bagus, karena dapat mengenalkan layang layang, dan secara tidak langsung dapat menaikan perekonomian warga sekitar. Berharap setiap tahun ada, untuk promosi Taman Muara Mundu menjadi Destinasi Wisata Baru di Kabupaten Cirebon," katanya. (CB-004)