Kamis, 07 Desember 2023

Kamis, Desember 07, 2023

 


CIREBON BRIBIN - Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Cirebon melaksanakan kegiatan Safari Pembangunan di wilayah Barat Kabupaten Cirebon.

Kegiatan Safari Pembangunan tersebut bertujuan untuk pengontrolan dan pengawasan pada setiap pembangunan yang sedang dilaksanakan ataupun yang sudah rampung.

Adapun titik pembangunan tersebut diantaranya, pembangunan menara Masjid Agung Sumber, Pengolahan Sampah di Sumber, Pembangunan Gedung KPU, UPTD Benih Ikan Cikalahang, Revitalisasi Pasar Jamblang, Rehabilitasi ruang kelas SMP N 1 Klangenan, Revitalisasi SD N 2 Sitiwinangun.

Selain itu juga, Peningkatan Jalan Desa Sarabau - Desa Weru, Pengadaan dan Pemasangan PJU di Tuparev dan kawasan Batik Trusmi, dan Gor Watubelah.

Bupati Cirebon, H. Imron Rosyadi mengatakan, Kami dari Pemda Kabupaten Cirebon baru saja melaksanakan giat Safari Pembangunan di wilayah barat Kabupaten Cirebon.

Salah satunya, di Pasar Jambalang, Kecamatan Jamblang Kabupaten Cirebon.

"Saya beserta jajaran kepala dinas di Kabupaten Cirebon mengadakan Safari Pembangunan, kita lihat Revitalisasi Pasar Jamblang," katanya. Rabu (06/12/2023)

Imron menambahkan, Revitalisasi pembangunan Pasar Jamblang menggunakan anggaran dari Pemerintah Provinsi Jawa Barat (Pemprov Jabar).

"Revitalisasi Pasar Jamblang, menggunakan dana dari provinsi, semoga tahun depan mendapat bantuan lagi," tambahnya.

Kepala Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Disperdagin) Kabupaten Cirebon, Dadang Daiman mengucapkan terimakasih kepada Pak Bupati Cirebon, sehingga Pasar Jamblang mendapat bantuan dari Pemprov Jabar.

Dengan Revitalisasi Pasar Jamblang ini, diharapkan dapat meningkatkan perekonomian masyarakat sekitar.

"Dengan dibangunya pasar Semi modern, diharapkan dapat meningkatkan perekonomian masyarakat, terlebih lagi pasar ini berada di 2 Kecamatan, yaitu Jamblang dan Depok," ucapnya.

Sementara itu, Pengawas Konsultan Pasar Jamblang, Kadnafi mengatakan, Revitalisasi Pasar Jamblang menjadi pasar semi modern memiliki 72 Los dan 51 Kios, luas lahan pasar jamblang ini 1200 m2.

Setelah dilakukan revitalisasi tersebut, Pasar Jamblang diharapkan dapat menarik para pengunjung pasar, sehingga transaksi jual-beli lebih meningkat.

"Dengan adanya modernisasi pasar, Harapan kedepan bisa menarik penjualan lebih tinggi, karena dari segi penataan, dan sampah sudah tertib," katanya.

Kadnafi menambahkan, pembangunan Pasar Jamblang sudah mencapai 87 persen, karena dalam pembangunan ada beberapa kendala, namun sudah beres.

Pembangunan Pasar Jamblang ditargetkan selesai pada tanggal 18 Desember 2023 selesai.

"Kendala diawal pada pemasangan Ereksen, kuda-kuda, menaikan plus penguatan, pemasangan rangkaian dan Finising saja," tambahnya.

"Dana Pembangunan Pasar Jamblang berasal dari dana Bantuan Keuangan Khusus (BKK) Provinsi Jabar, senilai 4,36 M," lanjutnya.