Selasa, 05 Desember 2023

Selasa, Desember 05, 2023

 


CIREBON BRIBIN -  Handphone Redmi 12 memiliki fitur unggulan yaitu perlindungan IP 53 sehingga lebih tahan akan cipratan air dan debu.

Untuk handphone harga satu jutaan atau dua juta, fitur perlindungan IP 53 yang ada pada Redmi 12 tergolong fitur yang mewah.

Namun seberapa kuatkah perlindungan IP 53 melindungi handphone dari gangguan cipratan air dan debu?.

Mengutip dari video di channel Youtube Jagat Review, perlindungan IP (Ingress Protection) atau disebut IP rating adalah standarisasi proteksi sebuah produk dari masuknya benda di luar produk yang diterbitkan sebuah lembaga bernama International Electrotechnical Commission (IEC).

Kode yang dikeluarkan IEC untuk perlindungan produk dari benda luar bermacam-macam yang pasti diawali dengan kata IP dan diikuti dua angka berbeda sebagai tingkatan kekuatan proteksi.

IP rating pada Redmi 12 adalah IP 53 yang memiliki arti tersendiri dan menunjukan jenis kekuatan proteksi pada handphone tersebut.

Angka 5 pada digit pertama IP 53 artinya produk tersebut tidak sepenuhnya terproteksi dari debu, namun debu yang masuk ke dalam perangkat atau produk tidak sampai mengganggu kinerja perangkat.

Angka 3 pada IP Rating Redmi 12 artinya perangkat terproteksi dari semprotan air hingga kemiringan 60 derajat dari posisi vertikal menggunakan alat spray nozzle atau oscillating tube.

Tes pada IP Rating 53 dilakukan dengan spray nozzle dengan menyemprot perangkat air yang bertekanan 50-150 kPa dan volume air sebesar 10 liter per menit. Tes dilakukan selama lima menit dalam kondisi counterbalance shield atau dalam kondisi pelindung terpasang.

Tes pada perangkat dengan alat oscillating tube kemudian dilakukan selama sepuluh menit dengan volume air 0,07 liter per menit pada setiap lubangnya (perangkat) dengan durasi penyemprotan selama 5 menit, kemudian perangkat diputar 90 derajat lalu kembali dites ulang.

Kesimpulannya adalah perlindungan IP 53 pada Redmi 12 hanya mampu melindungi perangkat dari air yang tidak sengaja mengenai handphone atau debu dalam intensitas waktu yang relatif singkat.

Meski memiliki perlindungan IP 53, handphone Redmi 12 bukan berarti akan tahan jika direndam dalam air atau dimasukkan ke dalam pasir.

Namun dengan adanya proteksi IP 53 pada Redmi 12, kalian bisa lebih leluasa dalam beraktivitas di luar ruangan. (CB-001)

Sumber: Youtube Jagat Review, www.mi.co.id