Selasa, 30 Januari 2024

Selasa, Januari 30, 2024
Prosesi soft launching Perpustakaan Pustaloka Gunung Jati, layanan umum yang dimiliki Kantor Perwakilan Bank Indonesia Cirebon, Selasa (30/1).

LEMAHWUNGKUK (CIREBON BRIBIN) - Kantor Perwakilan Bank Indonesia Cirebon (BI Cirebon) melakukan soft launching perpustakaan yang bisa diakses oleh masyarakat luas.

Perpustakaan BI Cirebon yang diberi nama Pustaloka Gunung Jati ini memadukan konsep heritage dan moderen.

Lokasi perpustakaan Pustaloka Gunung Jati, berada tepat di samping gedung kantor BI Cirebon.

Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia Cirebon, Hestu Wibowo dalam sambutannya mengatakan, pihaknya memanfaatkan gedung De Javashe Bank untuk perpustakaan ini sebagai bagian dari optimalisasi dan melestarikan aset BI yang sekaligus merupakan bangunan cagar budaya kebanggaan seluruh masyarakat.

"Gedung ini didirikan pada tahun 1866 dan ini adalah merupakan gedung sejarah yang menjadi salah satu heritage, kekayaan sejarah dan cagar budaya yang harus dilestarikan dan dijaga," katanya.


Ada sekitar 3500 koleksi buku fisik di Perpustakaan Pustaloka Gunung Jati.

Hestu menjelaskan, perpustakaan di kantor BI Cirebon sejatinya sudah ada sejak tahun 2019.

Namun sempat ditutup sementara saat pandemi dan akhirnya kembali dibuka karena sudah diperkenankan kembali.

BI Cirebon telah melakukan renovasi sedemikian rupa sebelum akhirnya dilakukan sesi soft launching hari ini untuk memenuhi kebutuhan masyarakat akan referensi literasi, untuk penelitian atau menambah wawasan dengan membaca.

"Kita renovasi, tentunya renovasi bukan hanya merenovasi ruangan tapi kita perluas lagi. Kemudian kita desain, kita layout sebagaimana konsep atau layout perpustakaan yang sifatnya mendekati ke modern library," jelasnya.

Perpustakaan Pustaloka Gunung Jati, bukan hanya menyediakan buku atau bacaan secara fisik tapi juga digital.

BI Cirebon juga melengkapi perpustakaan Pustaloka Gunung Jati dengan fasilitas pojok baca hingga ruang dongeng untuk anak.

"Untuk koleksi buku fisiknya sendiri berjumlah sekitar 3500 buku," tambahnya.

Penjabat (Pj) Wali Kota Cirebon, Agus Mulyadi yang turut hadir dalam soft launching perpustakaan Pustaloka Gunung Jati memberikan apresiasinya.

"Kami apresiasi dan mudah-mudahan dengan pustaka Gunung Jati ini bisa menumbuhkan, budaya literasi kita meningkat," katanya.

Untuk diketahui, Perpustakaan Pustaloka Gunung Jati beroperasi setiap hari Senin sampai Jumat pukul 08.00 hingga 17.00 WIB. Sementara hari Sabtu buka pukul 08.00 sampai 12.00 WIB.

Karena masih dalam penyempurnaan, Perpustakaan Pustaloka Gunung Jati hingga bulan Maret 2024 baru bisa dikunjungi terbatas, dengan cara melakukan permohonan kunjungan untuk kelompok sekolah, komunitas atau kelompok lainnya.

Surat permohonan kunjungan dikirimkan ke Kantor Perwakilan Bank Indonesia Cirebon, dengan jumlah maksimal 50 orang per kelompok. (CB-003)