Jumat, 05 Januari 2024

Jumat, Januari 05, 2024
KA Serayu tujuan Purwokerto, salah satu KA yang harus memutar melalui Jalur Utara via Cirebon imbas kecelakaan KA di Cicalengka.

KESAMBI (CIREBON BRIBIN) - Imbas dari insiden tabrakan antara KA Turangga relasi Surabaya Gubeng – Bandung dan Commuterline Bandung Raya di km 181+700 petak jalan antara Stasiun Haurpugur – Stasiun Cicalengka pada Jumat (5/1) pukul 06.03 WIB.

Sejumlah perjalanan KA dari dan tujuan Bandung yang melintas di jalur Selatan dialihkan melalui Utara dan melewati wilayah Daop 3 Cirebon.

Manager Humas Daop 3 Cirebon, Rokhmad Makin Zainul mengatakan, hingga saat ini sedikitnya ada 8 perjalanan KA yang melintas di wilayah Daop 3 Cirebon.

"Diantaranya adalah kereta api Serayu dari Kiaracondong tujuan Purwokerto dan dari Purwokerto tujuan Kiaracondong, kemudian kereta api Lodaya dari Bandung tujuan Solo dan dari Solo tujuan Bandung, kemudian ada kereta api Argo Wilis dari Bandung tujuan Surabaya dan kereta api baturaden express dari Kiaracondong tujuan Purwokerto," katanya di Stasiun Parujakan Cirebon, Jumat (5/1).

Ia menambahkan, meski terdapat penampahan perjalanan KA yang melintas di Daop 3 Cirebon imbas dari kecelakaan di Cicalengka.

Tidak sampai mengganggu jadwal perjalanan KA reguler yang ada di wilayah Daop 3 Cirebon.

"Alhamdulillah tidak terdampak ke perjalanan kereta api reguler yang melintas di 3 Cirebon tidak mengganggu perjalanan kereta api," tambahnya.

Sementara itu, pantauan Cirebon Bribin di Stasiun Parujakan Cirebon. Terlihat KA Serayu dari Bandung Tujuan Purwokerto yang singgah untuk mengisi perbekalan sebelum melanjutkan kembali perjalanannya.

KA Serayu merupakan salah satu KA yang harus memutar melalui jalur Utara akibat dampak dari kecelakaan KA di Cicalengka. (CB-003)