Senin, 22 Januari 2024

Senin, Januari 22, 2024
Wakil Bupati Cirebon, Wahyu Tjiptaningsih melihat proses penimbangan balita saat monitoring stunting dan kemiskinan di Desa Panembahan, Kecamatan Plered, Kabupaten Cirebon, Senin (22/1).

PLERED (CIREBON BRIBIN) - Wakil Bupati Cirebon, Wahyu Tjiptaningsih melakukan monitoring stunting dan kemiskinan di Desa Panembahan, Kecamatan Plered, Kabupaten Cirebon, Senin (22/1).

Ayu mengatakan, monitoring tersebut dilakukan guna mengetahui sejauh mana penanganan stunting di Kabupaten Cirebon, khususnya di tingkat desa.

Dalam monitoring tersebut, Ayu menemukan ada 1 rumah yang ditempati oleh 18 jiwa dengan 3 Kepala Keluarga.

“Dalam monitoring di Desa Panembahan ditemukan, ada satu rumah yang dihuni oleh 3 kepala keluarga atau di dalamnya ada 18 jiwa,” katanya, Senin (22/1)

Ayu menambahkan, selain itu juga ditemukan adanya 7 anak dalam kondisi stunting di Desa Panembahan.

“Kami sudah berkoordinasi dengan kuwu dan PKK setempat, untuk melakukan intervensi agar progres yang dihasilkan lebih baik lagi,” tambahnya.

Ayu menjelaskan kegiatan monitoring tersebut juga untuk mengetahui proses verifikasi dan validasi (verval) data kemiskinan di tingkat desa, apakah sudah sesuai prosedur atau belum.

"Karena gunanya verval adalah agar bantuan untuk masyarakat miskin tepat sasaran,” jelasnya.

Ayu menuturkan, pihaknya sudah meminta kepada masyarakat untuk lebih memperhatikan masalah stunting.

Karena, masih banyak masyarakat yang tidak paham dan tidak mengetahui tentang stunting.

"Stunting yang terjadi pada anak-anak, lebih banyak dikarenakan kesalahan pola asuh, diantaranya dalam memberi makanan anak tetapi tidak diperhatikan kandungan gizinya,” tuturnya. (CB-006)