Jumat, 02 Februari 2024

Jumat, Februari 02, 2024
Pimpinan Perum Bulog Kantor Cabang Cirebon, Imam Firdaus Jamal

KESAMBI (CIREBON BRIBIN) - Perum Bulog Kantor Cabang Cirebon (Bulog Cirebon) terus melakukan upaya menjaga stabilitas harga beras di wilayahnya.

Wilayah kerja Bulog Cirebon sendiri meliputi Kota Cirebon, Kabupaten Cirebon, Kabupaten Kuningan dan Kabupaten Majalengka.

Kepala Perum Bulog Kantor Cabang Cirebon Imam Firdaus Jamal mengatakan, pihaknya saat ini tengah melaksanakan penyaluran bantuan pangan dalam bentuk beras sesuai dengan penugasan dari Badan Pangan Nasional.

"Khususnya dalam rangka stabilisasi harga beras, Badan Pangan Nasional sedang menugaskan Perum Bulog untuk melaksanakan bantuan pangan dalam bentuk beras," katanya, Kamis (1/2)).

Yang mana penugasan ini direncanakan akan dilaksanakan dua tahap, pertama bulan Januari hingga Maret dan tahap kedua bulan April hingga Juni untuk sekitar 612 ribu penerima manfaat di wilayah kerja Bulog Cirebon.

Ia menuturkan, selama Januari 2023 pihaknya sudah menggelontorkan sebanyak 4.471 ton beras dan masih berlangsung.

Saat ini juga, lanjutnya. Bulog Cirebon tengah melaksanakan stabilisasi pasokan harga pangan (SPHP) dengan menyalurkan beras SPHP medium.

"Baik itu melalui pedagang pengecer di Pasar, mitra distributor, outlet binaan ataupun melalui gerakan-gerakan pangan murah ataupun operasi pasar yang diinisiasi Pemerintah Daerah bersama TPID," lanjut Imam.

Imam menambahkan, untuk melaksanakan penugasan tersebut menggunakan beras yang berada di gudang Bulog Cirebon.

Saat ini, stok setara beras di gudang Bulog Cirebon ada sebanyak 11.500 ton.

"Dan yang sedang dalam perjalanan menuju gudang kami kurang lebih 3.500 ton, sehingga secara angka kita akan memiliki stok kurang lebih 15 ribu ton," tambahnya Imam. (CB-003)