Selasa, 13 Februari 2024

Selasa, Februari 13, 2024

 

Rakor Pengawasan Masa Tenang Pemilihan Umum Tahun 2024.

WERU (CIREBON BRIBIN) - Ketua Panitia Pengawas Kecamatan (Panwascam) Weru, Kiki Dian menyampaikan, pihaknya tetap menjalankan tugas dengan penuh tanggung jawab di masa tenang pemilihan umum (Pemilu) 2024.

"Kegiatan utama yang dilakukan adalah penurunan alat peraga kampanye (APK) yang masih tersebar di wilayah kecamatan tersebut," katanya. Senin (11/2).

Menurutnya, dalam menjalankan masa tenang, semua anggota Panwascam Weru turut serta dalam upaya menurunkan APK yang masih terpasang di Kecamatan Weru.

Hal ini dilakukan bekerja sama dengan Pengawas Kelurahan atau Desa (PKD) serta Tempat Pemungutan Suara (TPS) Se Kecamatan Weru.

"Kami memastikan tidak ada APK yang masih terpasang selama masa tenang berlangsung. Karena pada periode ini, para peserta pemilu dilarang keras untuk melakukan aktivitas kampanye, dan APK dianggap sebagai bagian dari kampanye," jelasnya.

Kiki menjelaskan bahwa penertiban APK dilakukan dengan melibatkan PTPS karena mereka juga bertanggung jawab atas wilayah TPS yang harus bebas dari APK.

"Kami menginstruksikan kepada PTPS untuk memastikan wilayah TPS mereka bersih dari APK. Jika ditemukan APK yang masih terpasang, akan segera dilakukan tindakan penindakan," tambahnya.

Sebelum melaksanakan penurunan APK, Panwascam Weru telah melakukan apel kesiapan bagi seluruh pengawas di wilayah kecamatan tersebut.

Selain itu, mereka juga akan melakukan patroli masa tenang di setiap tingkatan untuk meminimalisir potensi pelanggaran pemilu.

"Patroli ini bertujuan untuk mencegah upaya kampanye yang tidak sah oleh para peserta pemilu serta untuk meminimalisir pelanggaran pemilu lainnya," ungkapnya.

Kiki juga menekankan pentingnya menjaga kesehatan bagi seluruh anggota Panwascam Weru, terutama mengingat kondisi cuaca ekstrim yang sedang terjadi.

"Hal ini bertujuan agar mereka tetap dapat menjalankan tugas pengawasan dengan optimal tanpa terkendala oleh masalah kesehatan," tambahnya. (CB-006)