Selasa, 13 Februari 2024

Selasa, Februari 13, 2024
Bimtek Pengawasan Pemungutan dan Penghitungan SUara Pengawas Panwascam Babakan.

BABAKAN (CIREBON BRIBIN) - Dalam persiapan menghadapi tahapan penting pemungutan dan penghitungan suara (tungsura) Pemilu 2024, Panitia Pengawas Pemilu Kecamatan (Panwascam) Babakan, Kabupaten Cirebon, mendorong para Pengawas Tempat Pemungutan Suara (PTPS) untuk tetap waspada dan proaktif.

Ketua Panwascam Babakan, Rohmat M Humaer, menegaskan pentingnya tahapan pemungutan dan penghitungan suara sebagai tonggak krusial sebelum hasil pemilu diumumkan.

"Untuk memastikan kelancaran proses tersebut, perlu kecermatan PTPS dalam mengidentifikasi potensi risiko dan langkah-langkah pencegahan yang efektif," katanya, Senin (12/2).

Rohmat menambahkan pentingnya melakuka  kerjasama antara petugas Komisi Pemilihan Umum (KPU) di tingkat Tempat Pemungutan Suara (TPS) dengan PTPS, bahkan hingga proses rekapitulasi larut malam.

"Kerjasama yang sinergis dapat menangani setiap permasalahan dengan cepat dan efisien, tanpa menunggu waktu yang berkepanjangan," tambahnya.

Selain itu, Rohmat juga menekankan peran komunikasi dalam menyelesaikan masalah, serta mendorong pengawas pemilu untuk segera melaporkan setiap pelanggaran tugas ke Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu).

Dengan instruksi dari Bawaslu, diharapkan para pengawas pemilu dapat mengatasi permasalahan di tingkat kecamatan masing-masing dengan efisiensi.

"Proses penghitungan di tingkat kecamatan tidak boleh berlarut-larut karena dapat menimbulkan kelelahan, terutama saat membuka kotak suara dan melakukan rekapitulasi," tambahnya.

Rohmat yakin bahwa dengan adanya komunikasi yang efektif, semua kendala dapat diatasi dengan baik.

"Sehingga proses pemungutan dan penghitungan suara dapat berjalan lancar dan akurat," tutupnya. (CB-006)