Selasa, 13 Februari 2024

Selasa, Februari 13, 2024
Proses Tungsura jadi salah satu fokus Panwascam Weru.

WERU (CIREBON BRIBIN) - Ketua Panitia Pengawas Pemilu Kecamatan (Panwascam) Weru Kabupaten Cirebon, Kiky Dian mengatakan proses pemungutan dan penghitungan suara (Tungsura) kini menjadi fokus utama para pengawas pemilu.

Hal tersebut sebagai antisipasi agar tidak terjadi kecurangan dalam Pemilu 2024.

"Pentingnya peran Pengawas Tempat Pemungutan Suara (PTPS) dalam memastikan integritas pemilu," katanya, Senin (12/2).

Kiky menyoroti tantangan berat yang dihadapi oleh PTPS dalam menjalankan tugasnya dalam waktu yang terbatas.

Oleh karena itu, koordinasi yang efektif antara PTPS, Komisi Pemilihan Umum (KPU), Pengawas Desa/Kelurahan (PKD), serta Panwascam menjadi krusial untuk memastikan kelancaran proses pemilu.

"Koordinasi yang efektif adalah kunci keberhasilan, bahkan jika itu mengharuskan kerja hingga larut malam. Yang terpenting adalah penyelesaian dengan baik di tingkat PTPS," ujar Kiky.

Selain itu, Kiky menekankan pentingnya penyelesaian masalah di tingkat Kecamatan sesuai arahan dari Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu).

Dalam hal pelanggaran, pihaknya siap untuk melaporkannya kepada Bawaslu.

Evaluasi terhadap proses pemantauan juga akan dilakukan, dengan ajakan kepada semua pihak untuk mematuhi prosedur administrasi.

Dengan demikian, setiap permasalahan dapat diselesaikan secara tertib administratif.

"Kesalahan umum seperti cacat prosedur pembukaan kotak suara, pelanggaran aturan, atau kehilangan dokumen harus ditangani dengan cermat," tegasnya. (CB-006)