Rabu, 22 Mei 2024

Rabu, Mei 22, 2024
Selamatan tebu di PG Tersana Baru. Foto: PT PG Rajawali II

BABAKAN (CIREBON BRIBIN) - PG Tersana Baru, pabrik gula milik PT PG Rajawali II mulai menggiling tebu yang ditandai dengan digelarnya selamatan giling hari ini, Rabu (22/5).

Selamatan giling di PG Tersana Baru yang mengusung tema “Dengan Semangat Bangkit Bersama Meraih Laba, Karyawan dan Petani Sejahtera” ini juga sekaligus membuka musim giling tebu tahun 2024 di Jawa Barat.

Direktur Utama PT PG Rajawali II, Ardian Wijanarko mengatakan, setelah PG Tersana Baru, ada dua pabrik gula lainnya yang juga akan segera memulai proses giling tebu.

"Diawali dengan PG Tersana Baru, PG Sindanglaut dan yang terakhir PG HGU Jatitujuh," katanya.

Ia menambahkan, memaknai Hari Kebangkitan Nasional yang baru saja diperingati beberapa hari yang lalu, PT PG Rajawali II bertekad untuk bangkit menuju kejayaan menjadi Perusahaan Industri Gula No. 1 di Indonesia, setelah pada tahun 2023 lalu industri gula merosot di hantam El Nino.

“Hari Kebangkitan Nasional 2024 dengan tema Bangkit Untuk Indonesia Emas sejalan dengan citacita PT PG Rajawali II yaitu Perusahaan Jaya, Karyawan Sejahtera dan Petani Makmur. Ke depan saya yakin jika PT PG Rajawali II akan mulai memasuki masa keemasan di industri gula nasional," kata Ardian.

Sementara itu General Manager PG Tersana Baru, Wisri Mustofa mengatakan bahwa seluruh Insan PG Tersana Baru telah siap mengerahkan seluruh daya dan upaya agar target yang telah ditetapkan oleh Perusahaan dapat tercapai atau bahkan dilampaui.

Untuk Musim Giling Tahun 2024 ini target PG Tersana Baru menargetkan menggiling 3.937.473 kuintal tebu dengan rendemen 7,5 persen dan menghasilkan 296.230 kuintal gula.

“Saya dan seluruh Insan PG Tersana Baru optimis target yang telah ditetapkan akan tercapai dan kami akan akan berusaha agar dapat terlampaui," ujarnya. (CB-003)