Jumat, 03 Mei 2024

Jumat, Mei 03, 2024
Pimpinan Perum Bulog Kantor Cabang Cirebon, Imam Firdaus Jamal memastikan cadangan beras untuk pelaksanaan penugasan bantuan pangan beras di 4 kabupaten kota mencukupi.

KESAMBI (CIREBON BRIBIN) - Bantuan pangan beras tahap 2 atau periode bulan April hingga Juni 2024 yang ditugaskan oleh Badan Pangan Nasional kepada Perum Bulog Kantor Cabang Cirebon (Bulog Cirebon) akan segera dimulai. Bulog Cirebon pun memastikan, cadangan beras di gudang untuk penyaluran bantuan tersebut mencukupi.

Kepala Perum Bulog Cirebon, Imam Firdaus Jamal mengatakan, saat ini jumlah penerima bantuan pangan (PBP) atau keluarga penerima manfaat (KPM) di 4 kabupaten kota di wilayah kerja Perum Bulog Cirebon berjumlah 612.875 PBP.

"Setiap penerima bantuan pangan akan menerima bantuan pangan dalam bentuk beras sebanyak 10 kg per bulan alokasi," katanya, Jumat (3/5).

Adapun untuk stok di gudang Bulog Cirebon berdasarkan data tanggal 3 Mei 2024, adalah sebanyak 38.907 ton.

Jumlah tersebut merupakan data pada pagi hari dan masih bisa bertambah karena Bulog Cirebon masih melakukan penyerapan harian.

"Kalau 10 kg per PBP untuk 1 bulan alokasi bantuan pangan, sekitar 6 ribu ton, berarti kebutuhan 3 bulan adalah 18 ribu ton. Jadi masih cukup, masih ada 20 ribu ton. Belum lagi nanti serapan harian," jelasnya.

Terkait penyaluran bantuan pangan beras ini dikatakan Imam, rencananya akan dimulai hari Senin pada pekan depan.

Penyaluran yang akan dilaksanakan adalah penugasn untuk alokasi bulan April terlebih dahulu.

"Tadi kami sudah melakukan koordinasi dengan dinas terkait di seluruh kabupaten kota dan saat ini untuk tahap kedua penyaluran bantuan pangan tetap menggunakan transporternya yaitu PT Pos," katanya. (CB-003)