Sabtu, 25 Mei 2024

Sabtu, Mei 25, 2024
Detik-detik pembukaan Cycling de Jabar 2024. Pj Gubernur Jawa Barat, Bey Machmudin melepas langsung keberangkatan 202 pesepeda dari depan Balai Kota Cirebon untuk menuju Kabupaten Pangandaran, Sabtu (25/5).

KEJAKSAN (CIREBON BRIBIN) - Rintik hujan yang membasahi Kota Cirebon tak menyurutkan semangat para peserta Cycling de Jabar 2024 yang akan bersepeda sejauh 213 kilometer dari Utara menuju Selatan Jawa Barat, ke Kabupaten Pangandaran pada Sabtu (25/5).

Keberangkatan 202 peserta Cyling de Jabar 2024 ini dilepas langsung oleh Penjabat (Pj) Gubernur Jawa Barat, Bey Machmudin di depan Balai Kota Cirebon pada pukul 05.11 WIB. Turut hadir dalam kesempatan ini, Kepala Dispora Provinsi Jawa Barat Asep Sukmana,l Pemimpin Redaksi Harian Kompas, Sutta Dharmasaputra, PJ Walikota Cirebon Agus Mulyadi, Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan PLN Cirebon, Wiedhyarno Arief Wicaksono, Direktur Utama PT Bank Pembangunan Daerah Jawa Barat dan Banten Tbk, Yuddy Renaldi.

Cycling de Jabar 2024 yang mengusung tema "Sumanget Jawara" ini merupakan kelanjutan dari event yang telah sukes digelar dalam dua tahun sebelumnya dengan tema "Nyebarkeun Sumanget" dan "Nyambungkeun Sumanget" dengan tujuan untuk memamerkan potensi Jawa Barat melalui aktivitas bersepeda.

Tema yang diusung Cycling de Jabar 2024 ini diharapkan dapat membawa semangat juara bagi para pesepeda sekaligus memperkuat sinergi antar sektor sebagai satu ekosistem. Acara ini juga bertujuan untuk menginspirasi percepatan pembangunan daerah lain dengan visi dan standar yang sama dalam satu wilayah.

Cycling de Jabar 2024 diharapkan dapat meningkatkan potensi dan pariwisata di Selatan Jawa Barat melalui sport tourism, khususnya pada cabang olahraga sepeda.

Dalam sambutannya, Bey mengutarakan bahwa Jawa Barat memiliki potensi wisata yang begitu beragam. Potensi dari wisata alam hingga industri kuliner kini menjadi faktor pertumbuhan dan pemerataan ekonomi Jawa Barat.

“Cycling de Jabar menjadi kegiatan untuk memanggungkan potensi Jawa Barat melalui aktivitas bersepeda,” ujar Bey.

Bey juga mengapresiasi antusias peserta yang mengikuti Cycling de Jabar 2024 yang menurutnya juga merupakan agen pariwisata Jawa Barat.

"Terima kasih, Bapak dan Ibu adalah menjadi agen pariwisata kami pada saat ini," katanya.

Adapun kategori perlombaan yang dapat diikuti oleh peserta Cycling de Jabar 2024 ini adalah Sprint, QOM, dan KOM. Peserta dapat berkompetisi dalam kategori Sprint di Kilometer 61,5 hingga 62,5, serta kategori King of Mountain (KOM) / Queen of Mountain (QOM) di Kilometer 72,7 hingga 76,9.

Cycling de Jabar 2024 bekerja sama dengan dinas kesehatan setempat untuk menjamin keselamatan peserta. Sepanjang rute perlombaan, dilengkapi dengan 5 titik water station dan 1 titik feeding zone untuk menjaga stamina dan hidrasi peserta.

Cycling de Jabar 2024 Organized by Harian Kompas, Hosted by Pemprov Jawa Barat dan Dinas Pemuda dan Olahraga Jawa Barat, Main Sponsor by PLN. Kegiatan juga didukung sebagai Official Sponsor by Mitsubishi, Bank BJB, Le Minerale, dan Telkom Indonesia. (CB-003)