Jumat, 24 Mei 2024

Jumat, Mei 24, 2024
Suasana di lokasi air terjun dan kolam air panas alami Lembah Cilengkrang begitu sejuk dan menyegarkan.

KUNINGAN (CIREBON BRIBIN) - Kabupaten Kuningan dianugerahi alam indah sehingga menjadikannya salah satu daerah di Jawa Barat yang memiliki banyak potensi wisata alam, salah satunya Lembah Cilengkrang.

Lembah Cilengkrang memiliki daya tarik utama berupa air terjun dan kolam air panas alami.

Sebelum mencapai air terjun dan kolam air panas alami tersebut, pengunjung harus melakukan trekking atau berjalan menyusuri trek sepanjang kurang lebih 3 kilometer.

Sepanjang perjalanan, pengunjung akan ditemani suguhan pemandangan lembah nan hijau dengan aliran sungai berair jernih yang menyegarkan mata.


Jalur trekking menuju air terjun dan kolam air panas alami Lembah Cilengkrang.


Tentu saja udara di Lembah Cilengkrang juga sangat sejuk dan segar.

Tak hanya itu, di Lembah Cilengkrang ini pengunjung juga bisa bermalam dengan tenda atau kemping loh.

Karena daya tariknya, Lembah Cilengkrang ini kerap dikunjungi wisatawan dari Kabupaten Kuningan atau wilayah sekitar, maupun dari luar daerah.

Biasanya, Lembah Cilengkrang akan ramai dikunjungi saat akhir pekan atau pada saat hari libur.

Untuk lokasinya, Lembah Cilengkrang tepatnya berada kawasan Taman Nasional Gunung Ciremai, Desa Pajambon, Kecamatan Kramatmulya, Kabupaten Kuningan atau berjarak sekitar 33 kilometer dari Kota Cirebon.

Pengunjung yang datang harus membayar tiket masuk yang dipatok Rp15 ribu per orang untuk Weekday dan Rp17.500 saat akhir pekan atau weekend.

Sedangkan untuk Anda yang ingin bermalam atau kemping di Lembah Cilengkrang, akan dikenakan retribusi sebesar Rp30 ribu.

Sebagai informasi, Lembah Cilengkrang mulai buka pada pukul 07.00 hingga pukul 16.30 WIB.

Pengunjung disarankan untuk membawa bekal makanan dan minuman yang cukup mengingat di lokasi air terjun tidak terdapat kantin atau warung yang menjual makanan dan minuman.

Yang terakhir, jangan lupa untuk selalu berhat-hati dan selalu menjaga kebersihan ya. Selamat berlibur. (CB-003)