Sabtu, 27 Juli 2024

Sabtu, Juli 27, 2024
Prosesi pembukaan Ciayumajakuning Enterpreneur Festival 2024 di Taman Kota Kuningan, Jumat (26/7) malam.

KUNINGAN (CIREBON BRIBIN) - Ciayumajakuning Enterpreneur Festival 2024 yang merupakan bagian dari upaya Kantor Perwakilan Bank Indonesia Cirebon untuk mendukung perekonomian dan membentuk ekosistem keuangan yang masif, digital, inklusif dan hijau resmi dibuka pada Jumat (26/7) malam.

Pembukaan CEF 2024 dilakukan oleh Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia Cirebon, Anton Pitono, Pj Bupati Kuningan, Raden lip Hidajat, Pj Wali Kota Cirebon, Agus Mulyadi dan perwakilan dari pemerintah daerah lainnya di wilayah Ciayumajakuning.

Penyelenggaraan CEF yang di tahun 2024 ini memasuki tahun ke-9. CEF 2024 juga bertujuan untuk mendukung pertumbuhan ekonomi, mendukung stabilitas harga, mendukung ekonomi dan keuangan digital serta mendukung pengembangan ekonomi syariah.

Kepala Perwakilan Bank Indonesia Cirebon, Anton Pitono, mengatakan, tahun ini untuk pertama kalinya penyelenggaraan CEF dilaksanakan di Kabupaten Kuningan.

Pemilihan lokasi Kabupaten Kuningan didasari potensi pengembangannya di Kawasan Metropolitan Rebana sebagai pusat kawasan wisata.

"Kuatnya potensi wisata tersebut tentu akan mendorong kinerja ekonomi lokal khususnya UMKM dan harapannya akan berdampak positif pada peningkatan kesejahteraan masyarakat Kuningan," kata Anton, Jumat (26/7) malam di Kuningan.

Selain untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat, sektor UMKM merupakan kunci penting atau backbone dalam mencapai pertumbuhan ekonomi yang positif dan menjaga stabilitas harga. 

Ia juga menyampaikan komitmen Bank Indonesia untuk mendukung pertumbuhan ekonomi lewat pengembangan UMKM dan akselerasi ekonomi keuangan digital.

Untuk memastikan kelancaran transaksi antara masyarakat dan para pelaku UMKM, Bank Indonesia telah menyiapkan berbagai inisiatif sistem pembayaran terkini yang cepat, mudah, murah, aman, dan handal (CeMuMuAH), salah satunya adalah QRIS. 

"Selain itu, untuk meningkatkan jumlah masyarakat dan pelaku UMKM yang bankable, Bank Indonesia secara konsisten mendorong keuangan inklusif dengan cara meningkatkan literasi keuangan serta menghubungkan para pelaku UMKM dengan perbankan," 

Pelaku usaha UMKM juga diberikan pendampingan secara end-to-end dengan berpegang pada prinsip hijau dan digital sehingga sukses membawa produk UMKM go ekspor ke berbagai negara di dunia.

Pj. Bupati Kuningan Raden lip Hidajat yang membuka secara resmi CEF 2024 menyampaikan apresiasi kepada Bank Indonesia Cirebon karena telah menyelenggarakan perhelatan CEF 2024 di Kabupaten Kuningan setelah sebelumnya telah terselenggara dengan sukses selama 8 kali di Kota Cirebon.

Kesempatan ini merupakan suatu kehormatan dan sekaligus bentuk nyata sinergi program unggulan Bank Indonesia dengan Pemerintah Daerah Kabupaten Kuningan.

"Kami berharap kegiatan CEF 2024 ini menjadi momentum bagi seluruh stakeholder di Ciayumajakuning untuk dapat berbagi pengalaman dan pengetahuan dalam mengembangkan UMKM dan mendorong pengembangan ekonomi lokal," katanya.

Penyelenggaraan CEF 2024 akan berlangsung selama 3 hari dari tanggal 26 hingga 28 Juli 2024 yang bertempat di Taman Kota Kabupaten Kuningan.

Kegiatan ini sekaligus merupakan bentuk sinergi bersama Pemerintah Daerah Se-Ciayumajakuning dan seluruh stakeholder yang terkait. Sinergi dan kolaborasi dalam hal penyelenggaraan acara juga terjalin dengan apik dan mendapatkan dukungan penuh oleh Pemerintah Daerah Kabupaten Kuningan sebagai tuan rumah.

Tidak hanya diisi oleh showcasing UMKM binaan Bank Indonesia, CEF 2024 akan turut diramaikan oleh berbagai kegiatan antara lain Expose potensi wisata Ciayumajakuning dan digital farming, Talkshow & Sosialisasi terkait Kebijakan Bank Indonesia, Tabligh Akbar, QRIS Race, Live Cooking Show Gerakan Nasional Pengendalian Inflasi Pangan (GNPIP).

Selain itu terdapat berbagai lomba dan acara hiburan yang edukatif seperti serta didukung penampilan Guest Star Special selama pagelaran berlangsung. (CB-003)