Sabtu, 27 Juli 2024

Sabtu, Juli 27, 2024
Momen penyerahan penghargaan anugerah Satu Inspirasi 2024. Foto: Suhendrik

BANDUNG (CIREBON BRIBIN) - Direktur Eksekutif The Jabar Ekspres Institute of Pro Otonomi Suhendrik menjadi salah satu dari 24 tokoh yang mendapat anugerah Satu Inspirasi 2024. Penghargaan tersebut diserahkan secara langsung di hadapan Wakil Presiden terpilih, Gibran Rakabuming Raka, Executive Chairman B-Universe Enggartiasto Lukita, Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian, dan Komisaris Utama Disway Dahlan Iskan pada Kamis malam, 25 Juli 2024.

Sebagai salah seorang tokoh muda, Wakil Presiden terpilih Gibran Rakabuming Raka memberi apresiasi terhadap acara yang diselenggarakan oleh B-Universe.

”Saya lihat tadi banyak sekali tokoh-tokoh yang inspiratif, yang bergerak di bidang ekonomi dan lingkungan hidup. Ini saya kira penting sekali, bagaimana beliau-beliau yang tadi menerima award bisa memberikan sumbangsih yang real untuk negara kita,” ungkapnya. 

Dalam sambutannya, Executive Chairman B-Universe Enggartiasto Lukita menyampaikan bahwa anugerah Satu Inspirasi 2024 diberikan sebagai bentuk apresiasi kepada anak-anak bangsa yang terus berkiprah demi kebaikan bangsa. Baik itu tokoh masyarakat, tokoh politik, maupun tokoh birokrasi. 

”Yang kami ingin sampaikan adalah, inilah sekian banyak contoh dari putra-putri terbaik di bangsa ini di republik ini,” ujarnya. 

Menurut Enggar, seluruh penerima anugerah Satu Inspirasi 2024 merupakan tokoh yang mampu menginspirasi. Utamanya bagi anak muda dan generasi penerus bangsa.

Mereka berkarya di bidang masing-masing untuk memberi sebanyak-banyaknya manfaat bagi masyarakat.

”Mengenai kepemimpinan dan perilaku apa yang bisa dan perlu dilakukan ke depan. Tujuannya dan target kami adalah agar contoh-contoh ini menjadi satu panutan,” terang dia. 

Suhendrik menerima anugerah Satu Inspirasi 2024 untuk kategori komitmen mendorong pembangunan daerah.

Penghargaan tersebut diberikan kepada tokoh muda asal Kota Cirebon itu atas kiprahnya dalam program kolaborasi kompetisi inovasi Jawa Barat.

”Jadi selama delapan tahun terakhir melintasi tiga gubernur, ikut berkontribusi mendorong inovasi pelayanan publik dan pelayanan lainnya yang bersifat kontribusi pada pembangunan daerah,” terang dia. 

Alumni SMA Negeri 6 Kota Cirebon itu secara konsisten menjadi tim penilai independen dalam Kompetisi Inovasi Jawa Barat (KIJB).

Tugasnya mendorong dan menumbuhkan semangat untuk berinovasi. Khususnya pada level kepala daerah dan pejabat publik di Jawa Barat.

Selain itu, Suhendrik juga melakukan kurasi atas inovasi-inovasi yang muncul. Serta, kerap diundang menjadi narasumber di pemprov dan kabupaten-kota, menyemangati para inovator darı unsur pemerintahan. 

”Mendorong peningkatan pelayanan masyarakat. Menjawab tuntutan kebutuhan aspirasi rakyat yang semakin dinamis. Dari situ tentu ujungnya adalah pelayanan publik masyarakat di Jawa Barat menjadi semakin baik,” kata dia. 

Atas penghargaan Satu Inspirasi 2024 yang dia terima dari B-Universe, Suhendrik menghaturkan terima kasih. Dia tidak menyangka kerja-kerja yang dilakukan olehnya bersama The Jabar Ekspres Institute of Pro Otonomi diapresiasi oleh B-Universe.

”Ini keren sekali, kami berterima kasih karena B-Universe ikut menjadi bagian media yang mau mengapresiasi para insan-insan yang berdedikasi di berbagai bidang,” ungkap kandidat doktor Ilmu Hubungan Internasional Universitas Padjadjaran tersebut. (CB-003)