Rabu, 10 Juli 2024

Rabu, Juli 10, 2024
Opening Ceremony Festival Kuliner dan Seni Budaya Minang "Rindu Minang" di taman parkir Grage Mall, Kamis (10/7).

KEJAKSAN (CIREBON BRIBIN) - Komunitas Perantau Minang di Cirebon menggelar Festival Kuliner dan Seni Budaya Minang yang bertempat di taman parkir Grage Mall 10-14 Juli 2024.

Festival Kuliner dan Seni Budaya Minang bertajuk "Rindu Minang" ini sekaligus juga menjadi bagian dari rangkaian Hari Jadi Cirebon ke 597 tahun dan dibuka langsung oleh Pj Wali Kota Cirebon, Agus Mulyadi, Rabu (10/7).

Sesepuh perantau Minang sekaligus Panitia Penyelenggara, Edial Sanip mengatakan, kegiatan ini menjadi kado spesial dari Komunitas Perantau Minang bagi Kota Cirebon.


Suasana di Festival Kuliner dan Seni Budaya Minang.

"Ini pertama kali warga Minang memberi hadiah khusus kepada Kota Cirebon di hari jadinya," katanya, Kamis (10/7).

Ia menjelaskan, di 4 hari penyelenggaraan kegiatan ini, disuguhkan beragam kuliner dan seni budaya Minang.

Sesuai tema acara, melalui kegiatan ini juga sekaligus untuk mengobati kerinduan warga Minang pada kampung halaman.

"Jadi warga Minang bisa merasakan Kota Cirebon sebagai kampungnya sendiri," jelasnya.

Menurutnya, melalui kesenian dan kuliner yang dihadirkan ke Kota Cirebon dalam kegiatan ini juga untuk lebih mendekatkan hubungan antara warga Minang dengan Ciayumajakuning, khususnya Kota Cirebon.

"Sehingga ada keterikatan psikologis antara warga Minang dan Kota Cirebon. Tadi juga Gubernur Sumatra Barat menyampaikan salam kepada warga Kota Cirebon dan warga Minang yang ada di sini," ujarnya.

Sementara itu, Pj Wali Kota Cirebon, Agus Mulyadi dalam sambutannyanya pada pembukaan Festival Kuliner dan Seni Budaya Minang memberikan apresiasi sebesar-besarnya kepada seluruh warga Minang yang sudah menggelar acara ini.

"Persembahan warga Minang yang diberikan untuk Kota Cirebon ini luar biasa," katanya.

Melalui Seni budaya dan kuliner yang dihadirkan, menurut menjadi keberagaman yang menyatukan warga Minang dan Kota Cirebon.

"Mudah-mudahan ini bisa terus kita jaga, ikatan antar keluarga besar Minang dan warga Kota Cirebon untuk terus memberikan sumbangsihnya kepada Kota Cirebon," ujarnya.

Sementara itu, Direktur Utama PT. Kreasi Akar Sembilan, Bapak Radite A.H. Soewondopranoto mengatakan, Grage Group merasa bangga Grage Mall bisa menjadi tempat penyelenggaraan acara Festival Kuliner dan Seni Budaya Minang.

"Pasalnya, kegiatan ini tak hanya menjadi salah satu acara yang memeriahkan Hari Jadi Cirebon ke 597 tahun, lebih dari itu. Festival Kuliner dan Seni Budaya Minang ini juga menjadi penguat ikatan komunitas perantau Minang dan warga Kota Cirebon," katanya.

Ini juga sejalan dengan Tema Hari Jadi Cirebon ke 597 tahun yakni "Cirebon Guyub".

Tak lupa, dalam kesempatan ini pihaknya juga menyampaikan ucapan selamat Hari Jadi Cirebon ke 597 tahun.

"Semoga sesuai harapan yang dicita-citakan, Kota Cirebon mukti lan mulya selawase," tambahnya. (CB-003)