Senin, 01 Juli 2024

Senin, Juli 01, 2024
Pj Wali Kota Cirebon, Agus Mulyadi memimpin konferensi pers peringatan Hari Jadi Cirebon ke-597, Senin (1/7).

KEJAKSAN (CIREBON BRIBIN) - Pemerintah Daerah Kota Cirebon menyiapkan serangkaian acara untuk memeriahkan peringatan Hari Jadi Cirebon ke 597.

Serangkaian acara yang dipersiapkan akan digelar sepanjang bulan ini mulai tanggal 1 hingga tanggal 27 Juli 2024.

Seperti diketahui, Hari Jadi Cirebon selalu diperingati setiap tanggal 1 Muharam penanggalan Hijriyah atau yang pada tahun ini jatuh pada tanggal 7 Juli 2024.

Pj Wali Kota Cirebon, Agus Mulyadi mengatakan, tema hari jadi Cirebon ke 597 adalah kota "Cirebon Mukti lan Mulya selawase".

"Tema ini menunjukkan kekayaan kisah dan pengalaman Kota Cirebon dalam lini masa sejarah," katanya, Senin (1/7).

Menurut Agus, setiap cerita yang telah dilalui oleh segenap elemen masyarakat yang hidup di Kota Cirebon menjadi pengalaman batin yang kuat dan menjadikan kecintaan kepada kota ini menjadi sangat lekat.

Rentang kisah dan cerita kota Cirebon begitu luas, dinamika pembangunan sosial dan kebudayaan silih berganti mewarnai perjalanan Kota Cirebon.

"Setiap dinamika tersebut diharapkan menjadi wahana bagi kota tersebut untuk maju dan sejahtera dalam kemuliaan serta berkelanjutan," ujarnya.

Ia menambahkan, tagline hari jadi Cirebon ke 597 yaitu "Cirebon Guyub" yang merupakan representasi atas semangat dan karakteristik masyarakat dalam keterlibatan pembangunan.

Setiap pencapaian diraih sampai di titik ini, dikatakan Agus diikat oleh satu komitmen bersama komitmen gotong royong.

"Gotong royong adalah jati diri masyarakat kota Cirebon, proses panjang ini tidak mungkin dapat berjalan sebagaimana mestinya apabila tidak dibarengi dengan komitmen dari masing-masing pihak untuk melaksanakan perannya dengan maksimal," tambahnya.

Sementara itu, Pj Sekda Kota Cirebon yang juga Ketua Hari Jadi Cirebon ke 597, Arif Kurniawan mengatakan, rangakaian acara peringatan hari jadi Cirebon dimulai pada hari ini, tanggal 1 Juli 2024.

"Mulai hari ini, ada Cirebon Great Sale di seluruh pusat perbelanjaan di Kota Cirebon. Program Great Sale ini memberikan diskon menarik yang berlaku mulai tanggal 1 hingga 14 Juli 2024," katanya.

Beberapa acara besar lainnya yakni Ziarah Makam Sunan Gunung Jati di tanggal 6 Juli 2024, Upacara dan Rapat Paripurna Hari Jadi Cirebon ke 597.

Lalu di tanggal 12 Juli 2024 ada festival kuliner jalur rempah dan festival Milm Kampung 2024.

Job Fair di tanggal 24 Juli 2024 dan puncaknya ada beberapa acara di tanggal 27 Juli 2024.

"Tanggal 27 Juli 2024 kita akan menggelar Open House Balai Kota, bancakan Cirebon, Festival Anak Muda Cirebon, Ngunjung Pedati Gede dan Malam Puncak Hari Jadi Cirebon," tutupnya. (CB-003)