Senin, 22 Juli 2024

Senin, Juli 22, 2024
Pemkab Cirebon menerima Penghargaan Bapak dan Ibu Asuh Anak Stunting di Harganas ke-31.

KEDAWUNG (CIREBON BRIBIN) - Penjabat (Pj) Bupati Cirebon, Wahyu Mijaya memaparkan strategi Pemerintah Daerah Kabupaten Cirebon dalam penanganan stunting.

Menurutnya, Pemkab Cirebon pihaknya sedang berupaya mengoordinasikan langkah-langkah penanganan stunting bersama Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) dan internal pemerintahan.

Tujuannya adalah agar semua pihak, dapat berperan sebagai bapak dan ibu asuh bagi anak-anak yang mengalami stunting.

“Dengan berbagai langkah ini, kami berharap, kasus stunting di Kabupaten Cirebon dapat semakin berkurang dan mencegah munculnya kasus stunting baru,” kata Wahyu pada acara Malam Anugerah Bangga Kencana dan Penggalangan Komitmen Mitra yang merupakan bagian dari acara peringatan Hari Keluarga Nasional (Harganas) ke-31 tingkat Provinsi Jawa Barat tahun 2024 di ASTON Cirebon, Sabtu (20/7).

Kabupaten Cirebon tahun ini mendapatkan kehormatan besar dengan menjadi tuan rumah Harganas ke-31 tingkat Provinsi Jawa Barat tahun 2024.

Menurut Wahyu, menjadi tuan rumah Harganas tidak hanya berdampak pada penanganan stunting, tetapi juga dapat mendorong pertumbuhan ekonomi di Kabupaten Cirebon.

“Menjadi tuan rumah membawa banyak hal positif bagi Kabupaten Cirebon,” tambahnya.

Ia berkomitmen untuk mengoptimalkan berbagai langkah penanganan stunting, sejalan dengan upaya peningkatan kualitas hidup masyarakat secara keseluruhan di Kabupaten Cirebon.

Sementara itu dalam sambutannya, Kepala BKKBN, Hasto Wardoyo mengatakan, pentingnya peran keluarga sebagai pondasi utama untuk mencapai kemajuan bangsa.

“Bapak Presiden RI selalu menyampaikan, bahwa keluarga adalah pondasi utama untuk mencapai kemajuan bangsa,” kata Hasto.

BKKBN juga tengah mengembangkan Indeks Pembangunan Keluarga, yang mengukur tiga dimensi, yakni ketentraman, kemandirian, dan kebahagiaan.

Secara nasional, hasil pengukuran tersebut menunjukkan, kalau indeks ketentraman berada di skor hampir 60, indeks kemandirian di skor 52,49, dan indeks kebahagiaan disebut tertinggi.

Untuk Provinsi Jawa Barat, indeks kebahagiaan berada di angka 70,85, sementara indeks kemandirian di angka 51, dan indeks ketentraman di angka 58. (CB-003)