Sabtu, 06 Juli 2024

Sabtu, Juli 06, 2024
Ziarah ke Makam Sunan Gunung Jati menjadi salah satu rangkaian Hari Jadi Cirebon ke 597, yang bermakna untuk mengingat leluhur dan pendiri Cirebon yakni Sunan Gunung Jati.

KEJAKSAN (CIREBON BRIBIN) - Pj Wali Kota Cirebon Agus Mulyadi bersama Pj Sekretaris Daerah Kota Cirebon dan unsur Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) serta sejumlah kepala perangkat daerah melaksanakan salat ashar berjamaah di Masjid Agung Sang Cipta Rasa, Keraton Kasepuhan, Kota Cirebon, Sabtu (6/7/2024).

Salat Ashar berjamaah diimami langsung oleh KH Zumhur selaku DKM Sang Cipta Rasa, Keraton Kasepuhan Cirebon.

Pj Wali Kota mengatakan, salat Ashar berjamaah di Masjid Agung Sang Cipta Rasa bagian dari rangkaian Hari Jadi ke-597 Kota Cirebon yang jatuh pada 1 Muharram.

“Kita mengawali Hari Jadi Cirebon dengan peralihan bulan hijriah dari Dzulhijah ke Muharram dengan salat Ashar berjamaah,” ujarnya.

Seperti yang diketahui, Masjid Agung Sang Cipta Rasa adalah bagian sejarah Islam di Tanah Cirebon.

Tidak hanya menjadi pusat aktivitas ibadah dan spiritualitas bagi umat Islam setempat, Masjid Agung Sang Cipta Rasa juga menjadi tujuan utama bagi banyak peziarah yang datang dari berbagai daerah .

Setelah salat Ashar berjamaah, kegiatan dilanjutkan dengan berziarah ke Makam Sunan Gunung Jati atau Syarif Hidayatullah.

Pj Wali Kota menyampaikan, ziarah adalah proses mengingat leluhur dan pendiri Cirebon yakni Sunan Gunung Jati.

“Petatah petitih dari Sunan Gunung Jati yang kita ketahui yakni Ingsun Titip Tajug Lan Fakir Miskin, menjadi pengingat kita untuk senantiasa meneladani para leluhur. Banyak sekali kemuliaan beliau yang diwariskan kepada kita,” ujarnya.

Dalam kesempatan itu, Agus meminta doa kepada masyarakat Kota Cirebon di Hari Jadi Cirebon yang ke-597, sesuai dengan tema “Kota Cirebon Mukti Lan Mulya Selawase”.

“Puncak dari rangkaian Hari Jadi Cirebon besok (7 Juli 2024) upacara, kirab prosesi agung, dan rapat paripurna istimewa. Mohon doa agar semua terselenggara dengan baik dan lancar,” tutupnya. (CB-003)