Kamis, 11 Juli 2024

Kamis, Juli 11, 2024
Head of Region Jawa Barat dan Jawa Tengah CIMB Niaga Andiko Manik bersama Branch Manager Cirebon CIMB Niaga Finna Astuti menyapa rekan-rekan media di Cirebon, Kamis (11/7).

KESAMBI (CIREBON BRIBIN) - PT Bank CIMB Niaga Tbk (CIMB Niaga) berkomitmen untuk memperluas akses dan layanannya di Cirebon. Hal tersebut, sejalan dengan terus meningkatnya kebutuhan perbankan masyarakat dan para pelaku usaha di tanah Wali ini.

Head of Region Jawa Barat dan Jawa Tengah CIMB Niaga Andiko Manik, mengatakan, strategi yang dilakukan untuk mewujudkan hal tersebut salah satunya dengan mengoptimalkan platform digital untuk melengkapi layanan kantor cabang yang sudah ada.

"Melalui layanan digital, nasabah dapat melakukan berbagai aktivitas perbankan dan finansial secara praktis dan fleksibel dari mana saja dan kapan saja, tanpa harus datang ke kantor cabang," ungkap Andiko didampingi Branch Manager Cirebon CIMB Niaga Finna Astuti dalam kesempatan Media Gathering Bersama CIMB Niaga di Cirebon hari ini, Kamis (11/7).

Layanan tersebut misalnya aplikasi digital banking OCTO Mobile dan internet banking OCTO Clicks yang memudahkan nasabah dalam membuka tabungan, transaksi sehari-hari, mengajukan pinjaman, hingga berinvestasi.

Adapun nasabah bisnis dapat merasakan kemudahan dari layanan digital CIMB Niaga melalui BizChannel@CIMB, yang membuat berbagai transaksi bisnis menjadi lebih teratur dan efisien.

"Bagi nasabah merchant atau pemilik toko, CIMB Niaga juga menyediakan aplikasi OCTO Merchant, sehingga transaksi jual beli menjadi lebih praktis," ujarnya.

Selain platform digital, nasabah juga dapat menikmati layanan fisik melalui kantor cabang, baik konvensional maupun Syariah.

Saat ini di Cirebon, CIMB Niaga mengoperasikan tiga kantor cabang konvensional, satu kantor cabang syariah, dan satu kantor kas syariah.

Layanan tersebut didukung 38 mesin ATM/CRM CIMB Niaga untuk memberikan layanan optimal kepada nasabah, juga dapat bertransaksi di jaringan ATM berlogo Mastercard, Cirrus, ATM Bersama, dan ATM Prima yang tersebar di Cirebon dan sekitarnya.

Cirebon, lanjut Andiko, merupakan kota potensial yang menjadi pusat pertumbuhan perekonomian di wilayah timur Jawa Barat.

Karena itu, untuk melayani nasabah dan mendukung kemajuan kota ini, CIMB Niaga hadir lebih dekat dan aktif berkontribusi melalui berbagai inisiatif di Cirebon.

Di antaranya menyelenggarakan kegiatan literasi keuangan Kejar Mimpi Goes to School, mengajak anak muda untuk semangat mengejar cita-cita melalui Kejar Mimpi Talks di IAIN Syekh Nurjati Cirebon, dan mengadakan Ngobrolin Biznis (Ngobiz) bersama para pengusaha rotan.

“Melalui layanan yang lengkap dan berbagai inisiatif tersebut, kami ingin menghadirkan pengalaman perbankan yang mudah sekaligus memberikan nilai tambah untuk mendukung kesuksesan nasabah. Sebagai bank yang mengutamakan customer centricity, CIMB Niaga berkomitmen untuk selalu mengutamakan kebutuhan nasabah dengan menyediakan produk dan layanan perbankan yang unggul, inovasi berkelanjutan, serta menawarkan solusi terbaik untuk memenuhi kebutuhan finansial secara cepat dan lengkap,” ujarnya.

Sementara itu, Branch Manager Cirebon CIMB Niaga, Finna Astuti mengatakan, di Cirebon CIMB Niaga mencatatkan kinerja positif di quartal pertama (Q1) tahun 2024 ini.

Meski tak menyebut angka pastinya, namun menurut Finna pertumbuhan dana pihak ketiga (DPK) pada Q1 2024 ini tumbuh sampai 2 digit.

Begitu pula pada rasio dana murah yang juga tumbuh hingga 2 digit pada semester 1 2024.

"Selain dana pihak ketiga, giro atau tabungan. Kita juga mencatatkan pertumbuhan positif di pembiayaan kredit. Terutama kredit KPR," ujarnya.

Fanny melanjutkan, untuk terus memperluas penetrasi di Cirebon, pihaknya juga akan terus memperkuat customer experience, meningkatkan pelayan agar nasabah bisa merasakan experience yang baik, yang positif.

"Sehingga kedepannya nasabah bisa terus bersama dengan CIMB Niaga," tambahnya. (CB-003)