Selasa, 20 Agustus 2024

Selasa, Agustus 20, 2024
Kepala Pelaksana BPBD Kota Cirebon, Andi Wibowo imbau warga tak panik namun tetap siaga terhadap potensi bencana banjir rob, Selasa (20/8).

KEJAKSAN (CIREBON BRIBIN) - BPBD Kota Cirebon mengeluarkan peringatan dini potensi banjir rob, khususnya bagi daerah yang berada di pesisir Kota Cirebon. Peringatan dini ini dikeluarkan berdasarkan informasi dari BMKG.

Kepala Pelaksana BPBD Kota Cirebon Andi Wibowo mengatakan, informasi dari BMKG, Kota Cirebon berpotensi terjadi banjir rob pada tanggal 23-26 Agustus 2024.

"Menang informasinya tanggal 23-26 Agustus memang itu potensi, artinya imbauan kepada kita kepada masyarakat yang berada di pesisir pantai utara Jawa supaya selalu siap siaga dan selalu update terkait informasi-informasi dari BMKG," katanya, Selasa (20/8).

Adapun daerah mana saja di Kota Cirebon yang berpotensi terjadi banjir rob, menurut Andi ada di sepanjang daerah yang berlokasi di pesisir pantai.

"Titiknya di pesisir pantai mulai dari Kecamatan Kejaksan sampai Kecamatan Lemahwungkuk sampai perbatasan kota dan kabupaten," jelasnya.

Ia juga mengimbau agar masyarakat tidak perlu panik, namun harus selalu tetap siaga dan waspada.

"Kondisi eksisting sekarang teman-teman monitoring masih terkendali kondisinya dan mudah-mudahan kita berdoa semua agar wilayah Kota Cirebon aman terlindung dari segala jenis bencana," ujarnya.

BPBD Kota Cirebon, bersama dengan seluruh stakeholder juga dikatakan Andi selalu aktif memantau perkembangan yang ada dan menyampaikan kepada masyarakat.

Termasuk juga memberikan edukasi-edukasi kesiapsiagaan bencana.

"Tinggal kita semua harus siap dengan mitigasinya," tutup Andi. (CB-003)