Jumat, 23 Agustus 2024

Jumat, Agustus 23, 2024
Hiking menuju Pos 1 Cigowong, jalur pendakian Gunung Ciremai via Palutungan.

KUNINGAN (CIREBON BRIBIN) - Seakan tidak ada habisnya, destinasi wisata alam di Kabupaten Kuningan kian hari semakin bertambah. Terbaru, ada wisata hiking menuju pos 1 Cigowong, jalur pendakian Gunung Ciremai via Palutungan di Kecamatan Cigugur, Kabupaten Kuningan yang tengah ramai dan menjadi alternatif destinasi wisata alam sekaligus juga olahraga.

Wisata hiking menuju pos 1 Cigowong menawarkan pengalaman bertualang menyusuri setapak di tengah hutan tropis Gunung Ciremai sepanjang kurang lebih 3 Km dengan berjalan kaki.

Ketua Pengelola Pendakian Gunung Ciremai (PPGC) Jalur Palutungan, Ndun, mengatakan, tren wisata hiking menuju pos 1 Cigowong di ketinggian 1.662 mdpl ini mulai ramai pada awal tahun 2024 dan terus bertambah hingga sekarang.

"Setiap akhir pekan, biasanya ada sekitar 50-70 orang dari berbagai daerah di Ciayumajakuning yang datang untuk menikmati sensasi hiking menyusuri hutan Gunung Ciremai," katanya, Jumat (23/8).

Bila beruntung, pengunjung bisa melihat satwa seperti lutung, surili, kijang dan lainnya.

Medan yang cukup landai, membuat wisata hiking ini bisa dinikmati mulai dari anak-anak hingga dewasa.

Wisata hiking ini menurutnya bisa menjadi alternatif wisata sekaligus olahraga, namun dengan suasana yang berbeda dan tentunya bisa menghirup udara pegunungan yang segar.

"Banyak juga yang membawa anak," katanya.

Di pos 1 Cigowong, lanjut Ndun. Pengunjung bisa beristirahat sambil menikmati suasana di tengah hutan sambil menyantap bekal yang dibawa.

"Tak perlu khawatir bila tidak membawa bekal makanan atau minuman, karena di sana juga ada warung yang buka setiap akhir pekan. Fasilitas lainnya seperti shelter atau tempat istirahat, Mushola dan MCK juga tersedia," ujarnya.

Ia menjelaskan, untuk menikmati wisata hiking ke pos 1 Cigowong ini, pengunjung harus melakukan registrasi atau pendaftaran terlebih dahulu di pos pendakian dan membayar retribusi Rp25.000 per orang.

Pelayanan untuk wisata hiking setiap harinya dibuka mulai pukul 06.00 hingga 14.00 WIB.

"Dan disarankan turun dari Cigowong maksimal pukul 16.00 WIB agar pengunjung bisa tiba di pos registrasi kembali sebelum gelap," jelasnya.

Ia menambahkan, tidak hanya hiking. Pengunjung bisa kemping atau bermalam di pos 1 Cigowong dengan membawa bekal perlengkapan yang memadai.

"Pesan kami, baik untuk pengunjung yang akan melakukan hiking atau bermalam agar selalu mematuhi aturan yang ada, mengikuti rambu atau petunjuk jalan, tidak menggangu flora maupun fauna yang ada serta tidak membuang sampah sembarang," tambahnya. (CB-003)