Kamis, 15 Agustus 2024

Kamis, Agustus 15, 2024
Seminar Pemberdayaan Rumah Bibit dan Pemberian Makan Sehat di Aula Kelurahan Sukapura, Kecamatan Kejaksaan, Kota Cirebon, Kamis (15/8).

KEJAKSAN (CIREBON BRIBIN) - Mahasiswa Kuliah Pengabdian Masyarakat (KPM) Sukapura Universitas Islam Bunga Bangsa Cirebon (UI BBC) menggelar Seminar Pemberdayaan Rumah Bibit dan Pemberian Makan Sehat di Aula Kelurahan Sukapura, Kecamatan Kejaksan, Kota Cirebon, Kamis (15/8).

Seminar yang digelar Mahasiswa KPM Sukapura UI BBC ini diikuti oleh puluhan Ibu-ibu, warga kelurahan Sukapura.

Ketua KPM Sukapura UI BBC, Hasan Basri Boyratan mengungkapkan, Seminar Pemberdayaan Rumah Bibit dan Pemberian Makan Sehat ini merupakan salah satu program unggulan mahasiswa KPM Sukapura UI BBC.

"Tujuannya untuk mensosialisasikan penanggulangan dan pemberantasan stunting melalui pemberdayaan rumah bibit di Kelurahan Sukapura, Kota Cirebon," ungkapnya.

Melalui seminar ini, pihaknya berharap bisa membantu menekan angka stunting yang masih berpotensi terjadi di wilayah tersebut.

"Kami melihat dari data-data dari Puskesmas Sukapura bahwasanya ada beberapa balita yang beresiko terhadap stunting, maka dari itu kami mencoba menggali potensi yang ada di Sukapura ini salah satunya ada rumah bibit," ujarnya.

Ia menjelaskan, rumah bibit yang akan dikembangkan di Kelurahan Sukapura ini bisa dimanfaatkan hasilnya untuk masyarakat sekitar.

Dalam kesempatan tersebut juga turut diserahkan bantuan 1000 ekor bibit ikan nila dan beberapa jenis bibit sayuran.

"Hasil panennya itu untuk masyarakat sekitar, agar resiko-resiko stunting itu bisa menurun di kelurahan Sukapura," jelasnya.

Ia menambahkan, upaya penanganan stunting ini akan terus dilakukan secara berkelanjutan melalui kolaborasi dan sinergi dengan pihak Kelurahan Sukapura.

"Untuk mengelola rumah bibit tersebut nantinya akan ada controlling selanjutnya untuk melakukan pembudidayaan baik ikan maupun tanaman," tambahnya.

Di tempat yang sama, Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) KPM UI BBC, Toto Sukarnoto mengatakan, pihaknya mengapresiasi inisiatif mahasiswa KPM Sukapura UI BBC dalam rangka menekan angka stunting ini.

"Karena tadi juga seperti dikatakan bahwa upaya ini dilatarbelakangi dengan data stunting yang cukup besar. Bagi kami ada satu saja potensi stunting, itu cukup besar," katanya.

Ia berharap kegiatan mahasiswa KPM Sukapura UI BBC ini bisa ikut memberikan kontribusi bagi masyarakat melalui inisiatif, terobosan yang dilakukan dengan bersinergi bersama perangkat Kelurahan Sukapura.

"Alhamdulillah, dari Kelurahan pun punya gagasan dan berbagai macam strategi pengentasan stunting yang bisa dikolaborasikan sehingga kita bisa mensupport, mengembangkan untuk bersama-sama mencegah stunting di Kelurahan Sukapura ini," pungkasnya. (CB-003)