Selasa, 20 Agustus 2024

Selasa, Agustus 20, 2024

 


CIREBON BRIBIN - Rapat Paripurna DPRD Kota Cirebon mendengarkan pidato kenegaraan Presiden RI Joko Widodo berlangsung khidmat, Jumat (16/8/2024).

Sidang tahunan MPR RI dan sidang bersama DPR dan DPD RI, DPRD tersebut memberikan pesan bahwa peringatan kemerdekaan RI merupakan momentum penghormatan dan penghargaan kepada pendiri bangsa.

Memimpin jalannya rapat, Ketua DPRD Kota Cirebon Ruri Tri Lesmana mengatakan bahwa masyarakat harus mampu mengisi kemerdekaan dengan semangat pantang menyerah, dan bersatu untuk meraih tujuan yang sama, yaitu Indonesia yang lebih maju dan unggul.

“Meski, dengan segala keterbatasan, tantangan, dan tekanan yang ada, namun jika diiringi dengan jiwa dan semangat bersatu padu, seperti para pahlawan kita dahulu, maka kita pun dapat mengisi kemerdekaan dengan hal-hal yang bermakna,” kata Ruri saat memimpin rapat paripurna di Griya Sawala, gedung DPRD.

Ruri menyampaikan, tema peringatan HUT RI pada tahun ini 2024 adalah “Nusantara Baru Indonesia Maju” yang menjadi cerminan situasi Indonesia sedang bersiap menyambut Ibu Kota Baru Nusantara.

Dijelaskan pula, bahwa logo HUT RI dengan angka 79 melengkung panjang, terinspirasi dari Sungai Kapuas di Kalimantan. Sehingga filosofi logo dapat diartikan sebagai sebuah kebutuhan Indonesia akan semangat baru, persatuan dan kesetaraan untuk meraih berbagai tujuan.

Ia pun mengajak kepada seluruh jajaran aparatur pemerintah agar bersama-sama meningkatkan koordinasi dan sinergi untuk membangun Kota Cirebon.

“Sehingga, sudah saatnya kita memberikan sumbangsih nyata, menorehkan karya terbaik bagi masyarakat Kota Cirebon, agar negar yang kita cintai semakin kuat dan jaya di mata dunia,” ujarnya.

Di tempat sama, Wakil Ketua DPRD Kota Cirebon Fitria Pamungkaswati berharap momen peringatn HUT ke-79 RI dapat mempertahankan kesatuan bangsa untuk kesejahteraan masyarakat Indonesia.

Selain itu, Fitria juga menyampaikan, usai dilantiknya anggota dewan baru dapat membawa semangat baru untuk perubahan Kota Cirebon yang semakin baik, mengingat saat ini masa jabatan DPRD yang masih tahap transisi

“Alhamdulillah hari ini telah sama sama mendengarkan pidato kenegaraan presiden, di mana HUT kali ini bertema Nusantara Baru Indonesia Maju. Mudah-mudahan, betul-betul membawa Indonesia lebih sejahtera ke depannya,” ungkap Fitria.

Sementara itu, Pj Wali Kota Cirebon Drs H Agus Mulyadi MSi menyampaikan bahwa rapat paripurna kali ini merupakan bagian dari rangkaian kegiatan Pemerintah Pusat, yakni mengikuti pidato kenegaraan dalam sidang tahunan MPR, DPRD, dan DPD RI.

Berkaitan dengan HUT ke-79 RI, Agus pun menyampaikan bahwa pemda telah selesai melakukan pelipatan duplikat bendera pusaka merah putih, sehingga siap dikibarkan pada upacara esok hari di Stadion Bima Madya.

“Kami juga baru selesai pelipatan duplikat bendera merah putih, jaid pertama kali lagi dikibarkan setelah 32 tahun lalu, atau ini periode yang keempat bendera pusaka itu kita miliki dari pemerintah melalui BPIP,” ujarnya. (adv/CB-001).