Sabtu, 24 Agustus 2024

Sabtu, Agustus 24, 2024
Foto bersama pengurus DPC Gerkatin Kota Cirebon usai pelantikan, Sabtu (24/8).

KEDAWUNG (CIREBON BRIBIN) - DPD Gerakan untuk Kesejahteraan Tuna Rungu Indonesia (GERKATIN) Jawa Barat hari ini secara resmi melantik pengurus DPC Gerkatin Kota Cirebon Periode 2023-2028, Sabtu (24/8).

Pelantikan pengurus DPC Gerkatin Kota Cirebon dilakukan langsung oleh Ketua DPD Gerkatin Jawa Barat, Rosmayadi, dengan dihadiri Kepala UPT Liposos Dinas Sosial Kota Cirebon, Prasetyo Hari, Ketua Yayasan Pancaran Kasih Kota Cirebon, Dita Hudayani, anggota DPC Gerkatin dan sejumlah tamu undangan.

Kepada Cirebon Bribin, Ketua DPD Gerkatin Jawa Barat, Rosmayadi, mengatakan, Pengurus DPC Gerkatin Kota Cirebon yang baru dilantik ini membawa harapan baru bagi teman-teman tuli di Kota Cirebon untuk menuju kesetaraan di setiap bidang dalam kehidupan.

Pasalnya, Ia melihat semangat yang luar biasa dari para pengurus DPC Gerkatin Kota Cirebon yang baru ini.

"Dulu pernah ada, sudah lama sekali dan bekerja sendiri, tidak ada yang membantu. Sekarang, di era kepengurusan yang baru ini DPC Gerkatin Kota Cirebon luar biasa, mereka bisa bersinergi dengan berbagai pihak seperti dengan Pemerintah Daerah atau Instansi Pemerintah dan pihak lainnya," katanya.

Ia berpesan agar seluruh pengurus DPC Gerkatin Kota Cirebon bisa memberi manfaat kepada teman-teman tuli melalui berbagai program atau kegiatan.

"Seperti mengajak atau mensosialisasikan pelajaran bahasa isyarat, memberikan edukasi atau pelatihan-pelatihan keterampilan bagi teman tuli dan lain sebagainya," ujarnya.

Sementara itu, Ketua DPC Gerkatin Kota Cirebon periode 2023-2028, Felicia Tendi, mengungkapkan, sejauh ini pihaknya akan terus menjalin sinergi dan kolaborasi dengan berbagai pihak.

"Saat ini sudah ada dengan beberapa instansi pemerintahan," ungkapnya.

Salah satu kerjasama yang dibangun adalah edukasi tentang bahasa isyarat bagi teman dengar dan membuka kesempatan bekerja bagi teman tuli.

"Kerjasama ini akan terus diperluas, kami mohon doa dan dukungannya dari semua teman dengar," katanya.

Ia juga berterima kasih kepada Yayasan Pancaran Kasih Kota Cirebon yang terus mendukung DPC Gerkatin Kota Cirebon.

Mewakili Kepala Dinas Sosial Kota Cirebon, Kepala UPT Liposos Dinas Sosial Kota Cirebon, Prasetyo Hari, menyampaikan ucapan selamat kepada pengurus DPC Gerkatin Kota Cirebon yang baru dilantik.

Ia mengatakan, Pemerintah Daerah Kota Cirebon, dalam hal ini Dinsos Kota Cirebon siap bersinergi untuk mendukung DPC Gertakin Kota Cirebon.

"Pemerintah akan ikut hadir, mendukung sehingga apa yang dicita-citakan oleh DPC Gerkatin Kota Cirebon untuk teman-teman tuli bisa tercapai," katanya.

Sementara itu, Ketua Yayasan Pancaran Kasih Kota Cirebon, Dita Hudayani, mengatakan, kerjasama berbagai pihak mutlak dibutuhkan untuk mendukung terwujudnya menuju kesetaraan di setiap bidang bagi teman tuli.

"Namun yang utama dan yang terpenting adalah dukungan nyata dari orang tua, keluarga sebagai lingkungan terdekat teman tuli," ungkapnya.

Teman tuli tanpa dukungan keluarga, akan sangat sulit untuk belajar dan mengakses informasi seperti teman dengar.

"Mereka itu sama dengan kita. Kalau diberi kesempatan belajar dan mengakses informasi yang sama, mereka juga bisa bersaing dan menunjukan kemampuannya," tambahnya. (CB-003)