Rabu, 21 Agustus 2024

Rabu, Agustus 21, 2024
Pj Bupati Cirebon, Wahyu Mijaya mengatakan pihaknya telah membentuk tim untuk memantau dan mengawasi ASN agar netral dalam Pilkada 2024 di Kabupaten Cirebon

SUMBER (CIREBON BRIBIN) - Pj Bupati Cirebon, Wahyu Mijaya menekankan pentingnya netralitas seluruh aparatur sipil negara (ASN) di lingkungan Pemerintah Daerah Kabupaten Cirebon pada pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2024 di Kabupaten Cirebon.

“Netralitas ASN adalah keharusan. Jika ada yang terbukti tidak netral, akan ada tindakan tegas,” kata Wahyu saat menghadiri apel pasukan Operasi Mantap Praja Lodaya 2024 bersama Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda), serta personel gabungan dari TNI dan Polri di Mapolresta Cirebon, Selasa (20/8).

Untuk memastikan hal tersebut, pihaknya bahkan telah membentuk tim khusus untuk memantau dan menjaga agar ASN tetap netral.

“Kami telah membentuk tim khusus untuk memantau dan menindaklanjuti pelanggaran terkait netralitas ASN. Kami akan memastikan ASN tetap netral dan memberikan himbauan yang diperlukan,” ujarnya.

Ia menambahkan, yang tak kalah penting lagi adalah antisipasi dan persiapan menyeluruh agar Pilkada 2024 di Kabupaten Cirebon berjalan dengan aman dan kondusif.

Kabupaten Cirebon memiliki Daftar Pemilih Tetap (DPT) sekitar 1,7 juta jiwa, dengan jumlah Tempat Pemungutan Suara (TPS) sebanyak 3.318 lokasi yang mengalami penurunan dibandingkan dengan TPS pada Pemilu 2024.

Kabupaten Cirebon terbagi menjadi dua wilayah hukum, yakni Polresta Cirebon yang mencakup 34 kecamatan, dan Polres Cirebon Kota (Polres Ciko) yang mengawasi enam kecamatan. Persiapan yang dilakukan mencakup berbagai aspek, termasuk pencegahan isu-isu seperti kenakalan remaja yang dapat mengganggu jalannya Pilkada.

“Kita berupaya memastikan seluruh wilayah tetap dalam kondisi aman, dengan langkah antisipasi yang dilakukan sejak awal,” ujar Wahyu.

"Dengan segala persiapan ini, Pemerintah Kabupaten Cirebon berharap proses Pilkada dapat berlangsung lancar tanpa gangguan berarti," pungkasnya. (CB-003)