Rabu, 28 Agustus 2024

Rabu, Agustus 28, 2024
Ersian atau Cia (23), sukses diusianya yang masih muda dengan menduduki jabatan sebagai Wakil Kepala Cabang PT. Equityworld Futures Cirebon. Foto: Dok. Ersian.

KESAMBI (CIREBON BRIBIN) - Belakangan ini, banyak sekali narasi-narasi yang kerap menyudutkan generasi muda atau generasi z (gen z) sebagai pemalas dan tidak kompeten dalam pekerjaannya. Mulai dari testimoni rekan kerja yang lebih tua hingga atasan, mereka memiliki pandangan yang buruk terhadap gen z.

Namun, tidak sepatutnya hal itu dijadikan generalisasi atas seluruh pekerja gen z, karena yang rajin dan piawai dalam pekerjaannya pun tidak kalah banyak.

Ersian atau yang akrab disapa Cia, salah satunya. Wanita muda yang masih berusia 23 tahun ini membuktikan bahwa gen z juga mampu bekerja dengan baik dan meraih sukses.

Di usianya yang sekarang, Cia telah menjadi wakil pialang berjangka resmi yang bersertifikat Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komiditi (Bappebti). Ia juga bahkan menduduki jabatan Wakil Kepala Cabang PT. Equityworld Futures Cirebon.

Semuanya ini merupakan hasil kerja keras yang Ia rintis sejak lulus dari Sekolah Menengah Atas, mulai dari jenjang paling dasar.

“Aku sekolahnya di Kalimantan, terus pas umur 17 tahun aku ke Jakarta, jadi pertama kali tahu bisnis ini pas 17 tahun. Aku mulai dari level paling pertama, Business Consultant, terus diajari basicnya oleh leader Aku," tutur Cia bercerrita.

Menurutnya, kesuksesan yang berhasil Ia raih hari ini bukan tanpa permasalahan.

Sama seperti yang lain, Ia juga pernah merasa minder saat bertemu banyak orang sukses, namun Ia mengubah perasaan itu menjadi sebuah kesempatan untuk belajar banyak dari mereka.

"Saya mencoba mengubah kelemahan menjadi kelebihan. Selalu bertekad untuk belajar hal-hal baru dari orang yang saya temui," katanya.

Di dunia perdagangan berjangka yang Ia geluti, menurut Cia kredibilitas menjadi salah satu hal yang penting. Inilah yang membuatnya mengambil ujian sertifikasi Wakil Pialang Berjangka resmi yang diselenggarakan oleh Bappebti.

Selain etos kerja yang terpuji, Dia juga ahli di bidang analisis Teknikal & Fundamental.

Memiliki perhatian terhadap data secara detail merupakan salah satu kemampuan Cia yang menopangnya hingga sampai pada titik saat ini,

"Soft-skill dan hard-skill itu harus sama. 100 persen dan 100 persen. Bukan 50 persen di hard-skill 50 persen di soft-skill," tegas wanita kelahiran Kalimantan ini.

Integritas dalam bekerja, Kompeten dalam analisis Teknikal dan Fundamental, serta keluwesan soft-skill menjadi bekal Cia mendapat pengakuan dari orang sekitarnya.

Ketika ditanya tentang tantangan dalam meyakinkan nasabah, Cia menjawab bahwa kejujuran merupakan aspek terpenting yang membuat nasabah percaya dengan dirinya.

"Satu, Jujur. Aku sendiri tipe orang yang gasuka dibohonginkan," paparnya.

Cia percaya bahwa kita harus memperlakukan orang sebagaimana kita ingin diperlakukan, dan menurutnya, integritas adalah kualitas nomor satu untuk memastikan nasabah bahwa mereka tidak salah pilih.

Ia menambahkan, meski saat ini sudah berada di posisi yang cukup baik, namun Dirinya masih memiliki visi untuk masa depan.

Jika ada kesempatan, Dia ingin memiliki Kantor Cabang sendiri.

“Pengen punya kantor cabang sendiri. Aku ingin ngembangin bisnis ini lebih luas lagi. Ya Bismillah lah, lagi dalam proses itu juga,” ucapnya dengan penuh harapan.

Ia juga mengajak kepada anak muda di luar sana agar tetap semangat mengejar impiannya.

Salah satu caranya dengan disiplin dan terus belajar.

"Kedisiplinan merupakan aspek yang penting, misalnya seperti datang tepat waktu sesuai dengan kesepakatan pertemuan dengan nasabah, lalu budaya belajar. Belajar bukan hanya dari orang sukses, tapi dari kegagalan kita juga bisa belajar, menganalisis kesalahan yang dibuat dan membuat itu sebagai acuan agar kita tidak melakukan yang sama," katanya.

“Jangan patah semangat. Kita bakal dapat rezeki jika kita sudah menguasai semuanya, jika kita pantas ya kita dapat. kita tidak akan tahu kapan kerja keras kita akan membuahkan hasil, sebagai manusia kita hanya bisa untuk terus mencoba hingga keberuntungan ada di pihakmu," tambahnya. (CB-003)