Rabu, 11 September 2024

Rabu, September 11, 2024
Pelepasan ekspor rotan dilakukan secara simbolis oleh Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia Cirebon, Anton Pitono didampingi Kepala DKUKMPP Kota Cirebon, Iing Daiman, Selasa (10/9).

PLUMBON (CIREBON BRIBIN) - Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia Cirebon, Anton Pitono melepas ekspor produk rotan PT Masagena Maruarar Salawasna dengan negara tujuan Perancis.

Pelepasan ekspor produk rotan senilai 10.250 dollar Amerika ini dilaksanakan di kantor PT Masagena Maruarar Salawasna, Jalan Johor, Blok Jonggrang No. 5, Kecamatan Plumbon, Kabupaten Cirebon, Selasa (10/9).

Kepada Media, Anton menjelaskan bahwa ekspor ini merupakan hasil dari Business Matching pada gelaran Ciayumajakuning Enterpreneur Festival 2024 yang dilaksanakan pada bulan Juli 2024 di Kabupaten Kuningan.

"Ini sebagai bukti bahwa apa yang kami lakukan itu adalah memang untuk keperluan teman-teman UMKM. Sehingga tempat, waktu dan kemudian effort yang kami berikan itu semata-mata bagi UMKM. Mudah-mudahan dapat dimanfaatkan," jelasnya.

Menurut Anton, UMKM yang berhasil melakukan ekspor bukanlah tujuan akhir dari pengembangan dan pembinaan yang dilakukan BI Cirebon.

"Ini bukan tujuan akhir tapi kami harapkan terus berkelanjutan terus dengan tetap meningkatkan kualitas maupun juga kapasitasnya sehingga permintaan akan selalu dipenuhi oleh temen-temen UMKM," ujarnya.

Lebih lanjut Ia mengatakan, dalam rangka pengembangan UMKM, BI Cirebon juga terus melakukan sinergi dan kolaborasi bersama seluruh Pemerintah Daerah di wilayah Ciayumajakuning.

"Sehingga dengan sinergi dan kolaborasi yang terus terjalin kita bisa mengembangkan UMKM," pungkasnya. (CB-003)