Jumat, 20 September 2024

Jumat, September 20, 2024

 

Salah satu narasumber PJTD Angkatan Pertama di Kampus Bunga Bangsa Cirebon, Ulfi Fadillah jurnalis klikaktual.com, Kamis 19 September 2024.

CIREBON BRIBIN – 

Universitas Islam Bunga Bangsa Cirebon bakal punya unit kegiatan mahasiswa (UKM) baru yang akan segera diresmikan.

Unit kegiatan tersebut nantinya menjadi wadah pengembangan dan penyaluran minat bakat mahasiswa di bidang kepenulisan, jurnalistik dan content creator.

Nama unit kegiatan yang akan segera diresmikan di Kampus Bunga Bangsa Cirebon adalah Lembaga Pers Mahasiswa (LPM) Bunga Bangsa yang diinisiasi oleh sejumlah dosen dan alumni Program Studi (Prodi) Komunikasi dan Penyiaran Islam (KPI) Fakultas Dakwah dan Komunikasi (FDK).

Salah satu inisiator LPM Bunga Bangsa, Maman Abdurahman mengatakan sejak pertama digelar pembukaan anggota, lebih dari 35 mahasiswa telah mendaftar untuk mengikuti Pelatihan Jurnalistik Tingkat Dasar (PJTD) Angkatan Pertama.

Dia menuturkan kegiatan PJTD merupakan gerbang awal bagi mahasiswa sebelum menjadi anggota Lembaga Pers Mahasiswa (LPM).

“Setelah mengikuti PJTD, para mahasiswa ini nantinya membentuk kepengurusan UKM dan mengajukan pengesahan kepada rektor,” katanya di sela-sela kegiatan PJTD Angkatan Pertama yang digelar Kamis, 19 September 2024.

Kegiatan PJTD Angkatan Pertama di Kampus Bunga Bangsa Cirebon diselenggarakan secara tatap muda dan daring dengan materi dasar-dasar jurnalistik, teknik wawancara, penulisan berita dan journalism audio visual atau jurnalisme media sosial.

Narasumber kegiatan tersebut dari unsur dosen a.l Panji Prayitno jurnalis liputan6.com, Nurul Hidayah jurnalis Media Indonesia, Maman Abdurahman owner Cirebon Bribin.

Adapun narasumber dari unsur alumni dan mahasiswa Prodi Komunikasi dan Penyiaran Islam (KPI) Universitas Islam Bunga Bangsa Cirebon a.l Fanani jurnalis Prambos Jakarta, Ulfi Fadillah jurnalis klikaktual.com, Wahyu Riswandi (Walik) dan Afiyuddin Naim dari mediacirebon.id.

Pembentukan LPM Bunga Bangsa sebelumnya mendapat dukungan dari asosiasi profesi jurnalis dari Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Bandung Biro Cirebon yang menggelar workshop urgensi lembaga pers mahasiswa sebelum pelaksanaan PJTD Angkatan Pertama di Kampus Bunga Bangsa Cirebon.

Anggota AJI Bandung Biro Cirebon, Panji Prayitno mengungkapkan keberadaan dan eksistensi lembaga pers mahasiswa menjadi salah satu konsen program AJI.

“Adapun target AJI Bandung Biro Cirebon yaitu berdirinya LPM di seluruh kampus yang ada di Ciayumajakuning,” pungkasnya. (CB-001).