Minggu, 29 September 2024

Minggu, September 29, 2024
Kunjungan siswa-siswi SMPN Islam 5 Al-Azhar Kota Cirebon di Gedung DPRD Kota Cirebon. Foto: Humas DPRD Kota Cirebon

KEJAKSAN (CIREBON BRIBIN) – Pimpinan dan anggota DPRD Kota Cirebon mengedukasi siswa-siswi SMP Islam 5 Al-Azhar Kota Cirebon di Griya Sawala gedung DPRD, Kamis (26/9).

Para pelajar ini berkunjung untuk belajar lebih dekat mengenai peran, tugas dan fungsi anggota DPRD dalam menjalankan penyelanggaraan pemerintahan daerah.

Kunjungan ke lembaga legislatif ini merupakan bagian dari implementasi kurikulum merdeka dalam penguatan profil pelajar pancasila (P5).

Wakil Ketua I DPRD Kota Cirebon Harry Saputra Gani mengapresiasi kepada SMP Islam 5 Al-Azhar yang sudah memberikan kesempatan kepada 155 peserta didiknya untuk belajar langsung tentang tugas dan fungsi anggota dewan.

Menurutnya, hal itu menjadi bagian dari pendidikan civil society atau pendidikan politik dasar kepada masyarakat, khususnya anak-anak SMP.

“Hal terpentingnya adalah, sekolah dapat mengetahui fungsi DPRD, termasuk alat kelengkapan, dan juga tadi menjelaskan mekanisme penganggaran hingga tahapan rapat paripurna. Ini penting, apalagi ke depan mereka akan memiliki hak pilih,” katanya usai menerima kunjungan.

Harry juga berharap kegiatan tersebut dapat menginspirasi sekolah lain dan melaksanakan kegiatan serupa untuk membangun kesadaran cinta terhadap Kota Cirebon dan negara Indonesia.

“DPRD sangat terbuka untuk kegiatan kunjungan sekolah seperti tadi, dan semoga menjadi inspirasi bagi sekolah lain agar melakukan hal yang sama,” ujarnya.

Terpisah, Kepala SMP Islam 5 Al-Azhar Kota Cirebon Dadang Hamdan menjelaskan, kegiatan field trip tersebut merupakan bagian dari pelajaran pendidikan kewarganegaraan.

Ia pun berharap, seluruh peserta didik yang telah mengikuti kegiatan tersebut dapat memotivasi agar menjadi generasi penerus yang baik.

“Harapan kami, anak-anak dapat meningkat motivasinya. Kenapa harus ke DPRD? Karena supaya mereka mengenal, inilah orang-orang yang memperjuangkan kepentingan masyarakat Kota Cirebon,” tuturnya.

Sementara itu, salah satu peserta didik Muhammad Abbad Razzan mengaku kegiatan kunjungan ke DPRD cukup seru dan menyenangkan. Ia berharap pelajaran yang diterima dapat diimplementasikan dalam kegiatan keseharian.

“Alhamdulillah kegiatan hari ini seru banget, DPRD juga pematerinya bagus, materi yang disampaikan lancar dan anak-anak juga antusias. Semoga setelah dari DPRD bisa lebih baik ke depannya,” ujarnya.

Turut hadir anggota DPRD Kota Cirebon Fahmi Mirza Ibrahim, Indra Kusumah Setiawan, dan Rinna Suryanti. (CB-003)