Kamis, 05 September 2024

Kamis, September 05, 2024
Seminar Internasional FISIP UGJ digelar di Auditorium Kampus 1 UGJ, Kamis (5/9).

KESAMBI (CIREBON BRIBIN) - Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Universitas Swadaya Gunung Jati (UGJ) menggelar seminar internasional bertajuk “Public Administration Innovation and Communication in Digital Era: Creating Effective and Responsive Public Services with Digital Media”, Kamis (5/9).

Acara ini dihadiri oleh para akademisi, praktisi dari berbagai negara untuk membahas inovasi dalam administrasi publik dan peran media digital dalam meningkatkan kualitas pelayanan publik.

Rektor UGJ, Prof. Dr. Ir. H. Achmad Faqih, S.P., M.M., IPU., CIRR., menyatakan bahwa di zaman modern ini kita menggunakan fasilitas teknologi informasi yang sangat diperlukan untuk berkolaborasi diantara semua perguruan tinggi yang ada di dunia.

"Saya anggap konferensi ini sangat penting, karena bisa membantu ide – ide dan gagasan untuk menciptakan suatu kolaborasi antara perguruan tinggi yang ada di dunia, serta dapat meningkatkan komunikasi khususnya dalam era media digital,” katanya.

Dekan FISIP UGJ, Dr. Siti Khumayah, S.E., S.H., M.Si, mengungkapkan harapannya agar seminar ini dapat menjadi platform untuk berbagi pengetahuan serta mempererat hubungan antara akademisi dan praktisi lintas negara.

"Kerjasama akan terus di selenggarakan untuk kegiatan akademik dan mungkin nanti untuk non akademik, baik di community service, joint research dan kegiatan mobility student, lecturer dan seterusnya," ujarnyanya.

Dalam rangka memperluas jejaring kerjasama internasional, FISIP UGJ juga mengadakan penandatanganan beberapa perjanjian kerjasama dengan institusi mitra dari berbagai negara.

"Perjanjian ini meliputi Memorandum of Agreement (MoA), Memorandum of Understanding (MoU), dan Implementation Agreement (IA), yang bertujuan untuk meningkatkan kolaborasi dalam bidang penelitian, pertukaran mahasiswa dan dosen, serta program pengembangan akademik lainnya," tambah Maya.

Acara ditutup dengan sesi diskusi interaktif yang diikuti oleh para peserta, dengan harapan bahwa hasil dari seminar ini dapat diimplementasikan secara nyata dalam praktik kebijakan publik dan diplomasi internasional. (CB-003)