Kamis, 26 September 2024

Kamis, September 26, 2024

 


CIREBON BRIBIN - Fakultas Teknologi Kelautan dan Perikanan (FTKP) Universitas Nahdlatul Ulama (UNU) Cirebon mengembangkan pemanfaatan Ikan Hasil Tangkapan Sampingan (HTS) menjadi produk inovatif Penyedap Non MSG.

Penyedap Non MSG tersebut diberi nama NU Rasa yang dibuat menggunakan Alat Teknologi Tepat Guna yang telah diajarkan kepada Siswa dan Siswi SMK Maritim Cirebon sebagai mitra pengabdian masyarakat dengan Kompetensi Keahlian Teknologi Pengolahan Hasil Perikanan (TPHPi) dan Nautika Penangkapan Ikan (NKPI).

Kegiatan tersebut dalam rangka pengabdian kepada masyarakat pemula yang telah dilakukan sejak Juli–September 2024,  dilanjutkan dengan monitoring kegiatan sampai dengan saat ini.

Adapun sumber pendanaannya dibantu oleh hibah dari Direktorat Riset Teknologi dan Pengabdian Masyarakat (DRTPM), Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi Republik Indonesia Tahun Anggaran 2024.

Tim yang terdiri dari Dosen dan Mahasiswa Fakultas Teknologi Kelautan dan Perikanan (FTKP) UNU Cirebon mengeksekusi sebuah gagasan untuk meningkatkan pemanfaatan ikan HTS terutama ikan yang memiliki nilai ekonomis rendah di sekitar Perairan Mundu Cirebon agar dapat dioptimalkan pemanfaatannya dalam meningkatkan nilai tambah produk hasil perikanan melalui produk inovatif penyedap Non MSG.

Menurut Teni Novianti, M.Si yang merupakan Ketua Pelaksana Kegiatan sekaligus Dosen Program Studi Teknologi Pengolahan Hasil Perikanan (TPHP) FTKP UNU Cirebon, adapun alat Teknologi Tepat Guna yang diserahkan kepada mitra sebagai sarana praktikum saat ini telah diterapkan di SMK Maritim Cirebon sebagai pengembangan kompetensi peserta didik dan penguatan IPTEK Perikanan Kelautan yang berkelanjutan.

Eulis Henda Nugraha, MM selaku bagian dari anggota tim pelaksana kegiatan mengungkapkan Alat Teknologi Tepat Guna yang diserahkan kepada SMK Maritim Cirebon yaitu berupa Oven gas matic untuk mengeringkan bubuk penyedap rasa ikan HTS dalam jumlah banyak dengan pengeringan yang lebih cepat.

Selanjutnya Nurul Ekawati, M.Si yang juga merupakan anggota tim kegiatan ini menambahkan, selain oven gas matic, UNU Cirebon juga menyerahkan alat Food Chopper dan Food Vacum Sealer sebagai inovasi dalam proses pengolahan dan proses pengemasan yang aman dan hygienis.


Kegiatan pengabdian masyarakat Fakultas Teknologi Kelautan dan Perikanan Universitas Nahdlatul Ulama Cirebon di SMK Maritim Cirebon sangat disambut baik oleh sivitas sekolah mulai dari kegiatan sosialisasi, pelatihan pembuatan penyedap Non MSG NU Rasa hingga kegiatan pendampingan. 

Menurut Rini, S.Pi selaku Kepala SMK Maritim Cirebon saat ini peserta didik mulai mandiri mengembangkan produk penyedap NU Rasa yang memiliki kualitas produk yang baik dan harapannya adalah dapat mengembangkan unit usaha atau inkubator bisnis di SMK Maritim Cirebon.

Selain itu Suparna,S.St.Pi yang merupakan Pembina Yayasan Afifah Soedjais, mengucapkan Terimakasih kepada FTKP UNU Cirebon sebagai Tim Pelaksana Pengabdian Masyarakat dan DRTPM Kemendikbudristek RI sebagai pemberi dana kegiatan pengabdian masyarakat yang sudah dilaksanakan di SMK Maritim Cirebon, menurutnya saat ini siswa siswi yang mengikuti kegiatan pelatihan selain telah memiliki pengetahuan dan meningkatnya keterampilan dalam pemanfaatan ikan HTS menjadi produk inovatif penyedap Non MSG NU Rasa tetapi juga menjadi peluang usaha kegiatan produktif dalam pengembangan unit usaha di Sekolah. (CB-001/RLS).