Jumat, 27 September 2024

Jumat, September 27, 2024
Kepala DKIS Kota Cirebon Ma’ruf Nuryasa menyampaikan Pemda Kota Cirebon terus berinovasi dalam penyelenggaraan statistik sektoral. Tentunya demi pelayanan publik di instansi yang lebih baik. Foto: Dok. DKIS Kota Cirebon


KEJAKSAN (CIREBON BRIBIN) – Pemerintah Kota Cirebon melalui Dinas Komunikasi, Informatika dan Statistik (DKIS) meraih predikat “Baik” atas Indeks Pembangunan Statistik (IPS) tahun 2024 dengan nilai 2,98.

Raihan ini diumumkan oleh Badan Pusat Statistik (BPS), pada Anugerah Hari Statistik Nasional 2024 yang digelar di Jakarta, Kamis (26/9).

Kepala DKIS Kota Cirebon, Ma’ruf Nuryasa menyampaikan bahwa penilaian ini dilaksanakan berdasarkan Undang-undang Nomor 16 Tahun 1997 tentang Statistik, yang memberikan mandat kepada BPS untuk membangun sistem Statistik Nasional yang andal, efektif, dan efisien.

“Kami menjalankan apa yang sudah ada dalam Undang-undang dan menjalankan dengan optimal. Tentunya dibantu oleh seluruh tim yang ada di DKIS Kota Cirebon,” kata Ma’ruf usai menerima penghargaan.

Tujuan Evaluasi Penyelenggaraan Statistik Sektoral (EPSS) adalah untuk mengukur capaian kemajuan penyelenggaraan statistik sektoral, meningkatkan kualitas penyelenggaraan statistik sektoral, dan meningkatkan kualitas pelayanan publik di bidang statistik pada instansi pusat dan pemerintahan daerah.

“Kami terus berinovasi dalam penyelenggaraan statistik sektoral. Tentunya demi pelayanan publik di instansi yang lebih baik,” ujarnya.

Selain itu, evaluasi ini juga bertujuan untuk memberikan saran perbaikan dan rekomendasi dalam penyelenggaraan statistik sektoral di lingkungan Pemerintah Daerah (Pemda) Kota Cirebon.

“Evaluasi yang disampaikan akan menjadi penyemangat untuk kami terus berusaha lebih baik dalam dalam penyelenggaraan statistic,” ungkap Ma’ruf.

Pihaknya berterima kasih khususnya kepada seluruh jajaran yang berkaitan dengan penyelenggaraan statistik sektoral dan pengembangan Sistem Statistik Nasional.

"Selanjutnya, hasil EPSS ini diharapkan dapat digunakan sebagai dasar dalam peningkatan kualitas penyelenggaraan statistik sektoral secara berkelanjutan di lingkungan Pemda Kota Cirebon," tambah Ma'ruf. (CB-003)