Selasa, 10 September 2024

Selasa, September 10, 2024
Pj Bupati Cirebon, Wahyu Mijaya mendorong agar tingkat konsumsi ikan masyarakat Kabupaten Cirebon meningkat. Foto: Diskominfo Kabupaten Cirebon

SUMBER (CIREBON BRIBIN) - Penjabat Bupati Cirebon, Wahyu Mijaya mengajak masyarakat Kabupaten Cirebon untuk gemar mengkonsumsi ikan.

Hal tersebut disampaikan Wahyu dalam kegiatan Bazar & Bimbingan Teknis (Bimtek) Gerakan Memasyarakatkan Makan Ikan (Gemarikan) dalam rangka menyosialisasikan gerakan gemar makan ikan di Kabupaten Cirebon yang digelar Dinas Ketahanan Pangan dan Perikanan (DKPP) Kabupaten Cirebon pada Selasa (10/9).

Melalui sosialisasi ini, Wahyu berharap, gerakan gemar makan ikan dapat meningkatkan kesadaran masyarakat akan manfaat konsumsi ikan bagi kesehatan dan gizi keluarga.

“Kami berupaya mengajak masyarakat untuk gemar makan ikan,” katanya.

Ia juga menyampaikan, tingkat konsumsi ikan di Kabupaten Cirebon masih tergolong rendah, dengan rata-rata konsumsi per kapita sebesar 34,56 kilogram per tahun.

“Sementara itu, di Provinsi Jawa Barat sudah mencapai 41 kilogram, dan secara nasional 56 kilogram per tahun,” ungkap Wahyu.

Ditambahkan Kepala DKPP Kabupaten Cirebon, Erus Rusmana, Kabupaten Cirebon memiliki produksi ikan yang melimpah, baik dari laut maupun budi daya.

Namun, komoditas ini lebih banyak dijual, karena nilai ekonominya yang tinggi, sehingga masyarakat cenderung mengesampingkan konsumsi ikan secara mandiri.

“Oleh karena itu, diperlukan sosialisasi dan intervensi pemerintah melalui berbagai program, termasuk bimtek ini, untuk memberikan pemahaman kepada masyarakat, mulai dari tingkat PKK hingga desa,” kata Erus.

Ia menjelaskan, DKPP akan membentuk Forum Peningkatan Konsumsi Ikan (Forikan) dari tingkat desa hingga kabupaten, guna mendorong konsumsi ikan sebagai kebutuhan penting bagi pengentasan stunting, peningkatan gizi, dan kesehatan masyarakat. (CB-003)