Kamis, 19 September 2024

Kamis, September 19, 2024
General Manager Pelindo Regional 2 Cirebon, Darwis memberikan edukasi kepelabuhanan hingga motivasi-motivasi kepada ratusan siswa-siswi SMAN 8 Kota Cirebon dalam program Pelindo Mengajar, Kamis (19/9). Foto: Pelindo

HARJAMUKTI (CIREBON BRIBIN) - PT. Pelabuhan Indonesia (Persero) atau PELINDO aktif melakukan berbagai kegiatan bersifat edukasi. Di antaranya sebuah program sharing knowledge bertajuk Pelindo Mengajar.

Program Pelindo Mengajar ini merupakan turunan dari gagasan Kementerian BUMN yang mengamanatkan BUMN untuk mengedepankan program-program tanggung jawab sosial dan lingkungan (TJSL) yang bersifat edukatif kepada masyarakat.

Hari ini, bertempat di SMAN 8 Kota Cirebon, program tersebut sukses terlaksana dengan dihadiri oleh 150 orang siswa-siswi aktif, Kamis (19/9).

Kegiatan Pelindo Mengajar tersebut menghadirkan General Manager Pelindo Regional 2 Cirebon, Darwis, sebagai pembicara utama.

Adapun materi yang disampaikan adalah edukasi kepelabuhanan, dari mulai seluk-beluk kegiatan di Pelabuhan hingga motivasi-motivasi dan sharing pengalaman selama menggeluti dunia kerja.

"Pelabuhan merupakan rantai utama bisnis logistik di Indonesia, Pelindo di dalamnya berperan serta aktif dalam menopang kelancaran mata rantai bisnis logistik ini," buka Darwis dalam paparannya.

Darwis juga memotivasi siswa-siswi SMAN 8 Kota Cirebon untuk meningkatkan kepercayaan diri karena nantinya generasi muda akan menjadi "leader" yang memiliki peran dalam mengintegrasikan visi, keterampilan, kreativitas dan etika yang kuat untuk membentuk arah yang bertujuan menciptakan lingkungan yang sejahtera dan berkelanjutan dalam kehidupan.

Dalam kegiatan yang sama, Pelindo Regional 2 Cirebon juga menyerahkan bantuan TJSL berupa Laptop untuk menunjang kegiatan belajar-mengajar di SMAN 8 Kota Cirebon serta hadiah 1 smartphone untuk siswa berprestasi.

Darwis menambahkan, Pelindo Mengajar merupakan salah satu turunan dari peta besar program bakti BUMN yang bertujuan untuk memotivasi para generasi muda di dunia pendidikan agar terus bersemangat untuk menjadi pemimpin masa depan Indonesia serta memperkenalkan industri kepelabuhan Indonesia.

"Adanya Program Pelindo Mengajar ini semoga dapat memotivasi para generasi muda khususnya di Kota Cirebon agar memiliki visi yang kuat, keberanian dalam menerima tantangan dan semangat menekuni ilmu untuk mewujudkan impian dalam membangun masa depan Indonesia yang lebih baik," tambahnya. (CB-003)