Senin, 07 Oktober 2024

Senin, Oktober 07, 2024
Project Qiu dan teman-teman rapper Cirebon, Majalengka dan Indramayu usai shooting video clip remix lagu Team Tomodachi. Foto: Dok. Project Qiu

KESAMBI (CIREBON BRIBIN)  - Lewat project Team Tomodachi, kolektif Project Qiu bersama teman-teman rapper dari Majalengka, Indramayu dan teman-teman dancer Cirebon lainnya, menampilkan spirit kolektif untuk berkreasi dengan merilis lagu Team Tomodachi yang viral. Musik video Team Tomodachi versi Cirebon Remix ini telah tayang di Youtube dan dilihat lebih dari 21 ribu kali.

Seperti diketahui, lagu Team Tomodachi yang viral awalnya dipopulerkan oleh rapper asal Jepang, Yuki Chiba. Tomodachi sendiri berarti sahabat atau teman.

Digagas oleh EQualCircle Production, para rapper dan Hip Hop Enthusiast Cirebon "memasak" bersama-sama.

Pentolan Project Qiu, Tabib Qiu, menuturkan, lagu Team Tomodachi yang viral, di-"gejrot" oleh Project Qiu dan teman-teman sebanyak 14 orang yaitu Enka, Evan, I-Kid, G-Fron, Bad Jo, Borlan, T.I.O, Daws, Rookie R, Mandadu, BB, Geor, Faya dan Tabib Qiu.

"Banyak daerah-daerah di Indonesia yang unjuk skill dengan Team Tomodachi Remix, Project Qiu mewakili Cirebon Remix ikut meramaikan trend Tomodachi. Kami menambah rima gejrot untuk lagu viral Yuki Chiba, Team Tomodachi, dengan menyatukan teman-teman," tuturnya, Senin (7/10).

Tabib Qiu menjelaskan, lagu Team Tomodachi versi Cirebon remix ini menyuguhkan sesuatu yang beda dengan daerah-daerah lainnya di Indonesia.

Hal tersebut bisa dilihat dari banyaknya musisi yang terlibat hingga lokasi pengambilan video clip yang cukup banyak dibandingkan yang lain.

"14 orang yang ngerap ini nulis liriknya aja udah masing masing, jadi pasti beda flow, lirik pesannya, walaupun tetap dalam satu tema yaitu team sahabat. Kedua, diantara video team Tomodachi daerah lain, kebanyakan lokasi tidak sebanyak kita, kita memilih 4 lokasi. Ketiga, dibanding video video team Tomodachi daerah lain, yang versi Cirebon ini jumlah yang ngerap yang terbanyak. Keempat, disini juga ada hiphopdancer yang ngerap, ada juga pegiat EO ikut ngerap daaan manager nya Project Qiu nya sendiri ikuut ngerap," jelasnya.

Menurut Qiu, proses shooting video clipnya juga tak kalah serunya dibanding proses rekamannya, mereka memilih 4 lokasi yang dicocokan dengan tema lagunya.

"Pindah pindah dari lokasi satu ke yang lain, dan bawa peralatan sndiri rame rame itu seruu juga ya! Oia gak sedikit juga orang yang sempet nonton kita shooting," ujar Tabib Qiu.

Ia menambahkan, remix lagu Team Tomodachi yang dirilis oleh Project Qiu bersama para rapper Cirebon, Majalengka dan Indramayu ini bukan hanya sekedar mengikuti tren semata.

Namun dibalik itu, ada pesan yang ingin disampaikan bahwa semangat, musik hip-hop di Cirebon masih menyala.

"Dalam sebuah kolektif atau wadah hip-hop di Cirebon yang satu satunya masih aktif di dunia musik selama 1 dekade lebih, tepatnya 11 tahun di bulan November 2024. Insya Allah kami akan tetap berkarya asalkan yang selalu kita jaga bersama adalah azas saling dukung diantara kita, bukan azas manfaat, kalau gak ada manfaat, gak penting dan gak mau gabung. Karena bagi kami, bermusik bukan lagi membawa etika professionalisme tapi etika bersahabat atau bahkan seperti saudara atau keluarga," tambah Tabib Qiu. (CB-003)