Rabu, 16 Oktober 2024

Rabu, Oktober 16, 2024
Sucipto (tengah) merasakan manfaat untuk pengembangan bisnis gorengannya setelah bergabung menjadi tenant Alfamart.

SUMBER (CIREBON BRIBIN) - Merintis usaha dari nol hingga mempunyai omzet jutaan rupiah, hal itulah dirasakan Sucipto (33) yang membuka usaha gorengan dan bergabung menjadi tenant Alfamart hingga bisa membeli sebidang tanah dari hasil usahanya.

Pria asal Kabupaten Cirebon itu sebelumnya menjajakan dagangannya dengan cara berkeliling.

Namun setelah ia bergabung menjadi tenant Alfamart, ia tidak perlu lagi menjajakan dagangannya seperti dulu.

Kini ia berjualan di halaman toko Alfamart Jalan Fatahilah Blok Lapang, Kelurahan Watubelah, Kecamatan Sumber Kabupaten Cirebon yang memiliki tempat strategis dengan fasilitas yang memadai dari Alfamart.

“Saat itu saya masih berkeliling menjajakan dagangan saya, setelah mengetahui bisa berjualan di halaman toko Alfamart saya langsung tanya-tanya ke karyawan Alfamart yang ada di toko. Kemudian diberi kontaknya dan dihubungkan untuk diberitahu syarat apa saja untuk bergabung menjadi tenant,” jelas Sucipto, Rabu (16/10).

Pria yang memiliki dua orang anak ini pun mengaku, tidak sulit untuk bergabung menjadi tenant Alfamart.

“Sebelumnya saya survei lokasi dahulu, saya lihat toko Alfamart mana yang selalu ramai orang lalu lalang. Sehingga akan menjadi tempat strategis untuk saya. Untuk bergabung menjadi tenant juga tidak sulit, hanya membayar biaya sewa sesuai kesepakatan sudah mendapat fasilitas seperti area berjualan, air, dan fasilitas penunjang lainnya,’’ tuturnya.

Sucipto mengungkapkan, dengan membuka usaha gorengan di tenant Alfamart, usahanya sangat terbantu karena menjadi laku. 

"Kadang kan ketika konsumen belanja ke Alfamart, setelah berbelanja itu, karena melihat gorengan, akhirnya jadi membeli gorengan. Intinya dengan adanya tenant Alfamart saya sangat terbantu, kerjasama dengan team Alfamart pun sangat mudah dan memuaskan" ungkapnya.

Dari usahanya itu, kini Sucipto dapat memenuhi kebutuhan rumah tangga, sekolah anak-anaknya, hingga membeli untuk investasi di hari tuanya.

Tak hanya itu, Sucipto juga memiliki bekal pengetahuan tentang bisnis yang diberikan Alfamart.

“Sangat bersyukur, usaha saya dapat berkembang seperti ini. Tentu selain usaha dan doa saya juga dibantu oleh Alfamart dengan diberikan pelatihan dan arahan kepada saya waktu awal-awal bergabung menjadi tenant Alfamart. Jadi, saya punya modal pengetahuan untuk mengelola bisnis saya. Dari situ saya bisa memenuhi kebutuhan rumah tangga, membeli kendaraan, hingga membeli tanah untuk investasi masa tua nanti berkah usahanya dagangan gorengan ini,” katanya.

Ia yang awalnya hanya memiliki satu cabang, kini telah mengembangkan usahanya hingga memiliki 4 cabang yang tersebar di wilayah Kota dan Kabupaten Cirebon, Jawa Barat.

“Alhamdulillah dengan bergabung menjadi tenant di Alfamart usaha saya dapat berkembang. Saat ini sudah punya empat cabang dan bisa memperkerjakan lima orang karyawan. Sangat potensi sekali untuk terus mengembangkan usaha dengan bergabung menjadi tenant Alfamart,” ungkapnya.

Ia juga mengaku, dalam waktu dekat akan membuka cabang baru untuk usahanya tersebut. (CB-003)