Sabtu, 19 Oktober 2024

Sabtu, Oktober 19, 2024
Prosesi wisuda ke 73 UGJ di Auditorium Kampus 1 UGJ Jalan Pemuda, Kota Cirebon, Sabtu (19/10).

KESAMBI (CIREBON BRIBIN) - Universitas Swadaya Gunung Jati (UGJ) kembali menambah jumlah lulusan dengan menggelar Wisuda ke 73 tahun akademik 2024-2025 pada Sabtu (19/10).

Rektor UGJ, Rektor UGJ, Prof. Dr. Ir. H. Achmad Faqih, S.P., M.M., IPU., CIRR., mengatakan, pada wisuda kali ini ada sebanyak 975 mahasiswa UGJ yang diwisuda.

"Sehingga totalnya UGJ telah memiliki 44.248 lulusan. Selamat dan sukses kepada wisudawan dengan jumlah 975 orang. Kami sangat berharap lulusan ini menjadi generasi bangsa, tokoh-tokoh nasional yang menjunjung tinggi peradaban khususnya yang menjunjung tinggi untuk meningkatkan SDM untuk bangsa dan negara ini," katanya.

Prof. Achmad Faqih menyampaikan, UGJ selalu memastikan agar lulusan yang dihasilkan merupakan lulusan yang berkualitas.

Berbagai upaya jug terus dilakukan UGJ untuk mencapai hal tersebut.

"Salah satunya dengan bekerjasama dengan berbagai mitra industri maupun instansi pemerintahan untuk memfasilitasi mahasiswa mendapatkan kompetensi tambahan ketika menjadi lulusan," ujarnya.

Pengembangan dibidang akademik yang dilakukan UGJ juga dengan melakukan implementasi kurikulum berbasis outcome base education (OBE) penerapan kurikulum ini lebih menekankan pada outcome sehingga mampu menjembatani proses pendidikan tinggi dengan dunia kerja dan kebutuhan inovasi.

Selanjutnya, UGJ menyiapkan dan mengembangkan lembaga sertifikasi profesi hal ini sebagai upaya pengembangan skill mahasiswa sehingga mahasiswa maupun alumni mendapatkan pembelajaran dan pengembangan secara berkelanjutan.

"Sertifikasi tersebut memiliki nilai yang diakui dan dapat memberikan keuntungan dan memperkuat posisi di tempat kerja," katanya.

Dalam kesempatan tersebut, pihaknya juga memberikan pesan-pesan kepasa seluruh lulusan yang diwisuda.

"Gelar yang baru dari UGJ ini bagi wisudawan mencerminkan keberhasilan dalam memperoleh pengetahuan dan keterampilan. Dengan gelar baru ini para wisudawan mengemban tugas tanggung jawab yang satu tingkat lebih tinggi dari sebelumnya dalam memberikan sumbangansih kepada masyarakat, kepada bangsa dan negara Indonesia," tambahnya. (CB-003)