Jumat, 18 Oktober 2024

Jumat, Oktober 18, 2024
Kerja sama cepat dan sigap antara sekolah, warga, dan pemadam kebakaran berhasil mencegah kebakaran merambat ke area yang lebih luas ke pemukiman, sekolah, ternak warga dan menghindari kerugian lebih besar. Foto: Istimewa

KESAMBI (CIREBON BRIBIN) – Kebakaran lahan sawah kering terjadi pada hari Kamis di sekitar kawasan MTsN 2 Kota Cirebon dan permukiman warga, Kamis (17/10).

Insiden tersebut terjadi sekitar pukul 10.00 hingga 14.00 WIB.

Berkat kerja sama antara siswa-siswi MTsN 2, warga sekitar, dan Unit Pemadam Kebakaran Kota Cirebon, api akhirnya berhasil dijinakkan.

Puluhan siswa bersama guru dan staf sekolah turun tangan dalam upaya pemadaman.

Mereka bergotong-royong mengambil air, menyiram titik api, menaburkan pasir, dan memukul titik api dengan alat-alat sederhana yang ada di sekitar mereka.

Sinergi ini membuktikan semangat gotong royong dan kepedulian sosial siswa dalam menghadapi situasi darurat.

"Alhamdulillah, berkat bantuan seluruh pihak, api dapat dipadamkan sebelum meluas," ujar salah satu guru pendamping,
Moh Tarmizi Azmi, S.Pd pada Kamis (17/10).

Kerja sama cepat dan sigap antara sekolah, warga, dan pemadam kebakaran berhasil mencegah kebakaran merambat ke area yang lebih luas ke pemukiman, sekolah, ternak warga dan menghindari kerugian lebih besar.

Aksi ini mendapat apresiasi dari Unit Pemadam Kebakaran Kota Cirebon yang mengungkapkan bahwa partisipasi aktif siswa dan warga sangat membantu mempercepat proses pemadaman.

Kebakaran sempat mengganggu aktivitas belajar karena Asap di sekitar dalam sekolah, ketika sudah padam Api & Asap siswa kembali belajar seperti biasa yaitu Program Belajar Tahfidz Al-Qur'an.

"Insiden ini sekaligus menjadi pelajaran penting bagi siswa tentang pentingnya kepedulian dan kesiapsiagaan dalam situasi darurat," tambahnya Abraham Pilar dr Pihak Damkar Kota Cirebon. (CB-003)