Rabu, 09 Oktober 2024

Rabu, Oktober 09, 2024
Ketua Komisi III DPRD Kota Cirebon memberikan sambutan dalam penutupan program pelatihan menggawe kompeten (Pelatihan Vokasi Berbasis Penempatan) Junio Web Programming, di aula Disnaker Kota Cirebon.

KESAMBI (CIREBON BRIBIN) - DPRD Kota Cirebon mengapresiasi upaya Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) atas program-program pemerintah daerah menekan angka pengangguran terbuka.

Ketua Komisi III DPRD Kota Cirebon, Yusuf menyampaikan, Disnaker menjadi motor penggerak membantu masyarakat melalui berbagai pelatihan dengan jenis keterampilan.

Baik didukung lewat program pemerintah maupun kolaborasi dengan pelaku usaha.

“Saya bahagia, karena Disnaker salah satu perangkat daerah yang aktif melayani masyarakat dengan berkontribusi memberikan pelatihan,” ujarnya, saat hadir pada acara penutupan program pelatihan menggawe kompeten (Pelatihan Vokasi Berbasis Penempatan) Junio Web Programming, di aula Disnaker Kota Cirebon.

Banyaknya pelatihan vokasi, kata Yusuf, membuktikan pemerintah daerah Kota Cirebon sangat serius menekan angka pengangguran terbuka.

“Kepada peserta, saya pesan agar manfaatkan dengan baik kesempatan ini. Salurkan kemampuan yang didapat agar memberikan dampak yang positif, baik untuk karir diri dan kesejahteraan keluarga,” paparnya.

Yusuf juga mengingatkan, ada tiga hal yang mesti dilakukan pencari kerja. Pertama, perbanyaklah motivasi. Arahkan pola pikir ke arah yang baik dan perkuat mental agar tidak mudah menyerah.

“Jangan pernah mudah menyerah, apalagi usia masih produktif. Lalui prosesnya, yakini ini semua adalah kesempatan dari tuhan untuk menuju sukses,” terangnya.

Poin kedua, lanjut Yusuf, perbanyak komunikasi dengan berbagai pemangku kebijakan yang bisa menjadi modal untuk memperluas jaringan. Kemudian poin ketiga adalah jaringan dengan tuhan.

“Misal di sini, 61 peserta yang ikut adalah jaringan dengan latar belakang berbeda. Jangan sampai setelah pelatihan ini, selesai juga komunikasi dengan teman, dinas dan mitra dinas. Jaga semua itu, karena itu jaringan,” tegasnya.

Kepala Disnaker Kota Cirebon, Agus Suherman mengatakan, pelatihan ini ada 61 peserta. Semuanya sudah melalui pelatihan selama satu bulan. Tahapan selanjutnya adalah uji komeptensi dnegan BNSP.

“Semoga mereka bisa lulus semua, 100 persen. Karena sudah ada 30 perusahaan yang akan menampung mereka untuk magang dan penempatan di Perusahaan tersebut,” tuturnya.

Agus mengakui, berdasarkan data BPS, angka pengangguran terbuka di Kota Cirebon mencapai 7,66 persen atau 13.800 orang pencari kerja. “Kami harap program pelatihan ini tetap ada, dan berkembang lebih luas,” katanya. (CB-003)