Rabu, 09 Oktober 2024

Rabu, Oktober 09, 2024
Roadshow wawasan kebangsaan yang dilakukan Pemda Kota Cirebon turut melibatkan unsur Polri, TNI dan alumni Lemhannas yang memberikan materi terkait ideologi negara, sejarah perjuangan dan nilai-nilai kebangsaan.

KEJAKSAN (CIREBON BRIBIN) - SMP Negeri 1 Kota Cirebon menjadi salah satu sekolah yang menjadi lokasi kegiatan Road Show Wawasan Kebangsaan yang digelar oleh Pemerintah Kota Cirebon, Senin (7/9).

Kegiatan ini bertujuan menanamkan nilai-nilai kebangsaan kepada para pelajar menengah pertama, agar memiliki semangat nasionalisme yang kuat menuju Indonesia Emas 2045.

Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Bakesbangpol) Kota Cirebon, Buntoro Tirto menekankan, pentingnya pemahaman wawasan kebangsaan bagi generasi muda.

“Generasi muda harus memiliki kesadaran berbangsa dan bernegara yang kuat, serta mampu menjaga keutuhan NKRI dari segala bentuk ancaman, baik internal maupun eksternal,” ujarnya.

Menurut Buntoro, kegiatan ini juga sejalan dengan program pemerintah pusat yang mendorong penguatan wawasan kebangsaan di kalangan pelajar.

Kegiatan ini melibatkan unsur Polri, TNI dan alumni Lemhannas yang memberikan materi terkait ideologi negara, sejarah perjuangan dan nilai-nilai kebangsaan.

“Dengan pemahaman yang baik tentang wawasan kebangsaan, para pelajar diharapkan memiliki daya tahan mental dan spiritual dalam menghadapi berbagai tantangan globalisasi dan ideologi asing,” lanjut Buntoro.

Ia juga menekankan pentingnya pendidikan karakter di sekolah yang berbasis pada nilai-nilai Pancasila. Kegiatan ini juga berlangsung selama 5 hari, dari 7-11 Oktober 2024, di sejumlah SMP di Kota Cirebon.

“Peserta yang terlibat dalam road show ini sebanyak 35 siswa dari tiap sekolah, yang dipilih berdasarkan kriteria tertentu oleh pihak sekolah,” tuturnya.

Tidak hanya membekali para siswa dengan materi teori, lanjut Buntoro, kegiatan ini juga mengajak mereka untuk lebih berperan aktif dalam menjaga kesatuan dan persatuan bangsa.

Buntoro juga mengingatkan, mereka adalah penerus bangsa yang harus siap menjaga dan mempertahankan keutuhan negara. “Kalian adalah benteng masa depan Indonesia. Jadilah generasi yang cinta tanah air dan mampu menjaga kedaulatan bangsa,” tegasnya.

Kegiatan ini merupakan bagian dari rangkaian acara dalam rangka menyambut Hari Sumpah Pemuda yang jatuh pada 28 Oktober mendatang. Pemerintah Kota Cirebon berharap kegiatan serupa dapat terus digelar di berbagai tingkatan sekolah.

Dengan adanya program ini, diharapkan pelajar di Kota Cirebon dapat semakin memahami pentingnya wawasan kebangsaan dan berperan aktif dalam pembangunan negara. Program ini juga didukung oleh Badan Narkotika Nasional (BNN) dalam kampanye pencegahan narkoba di kalangan pelajar. (CB-003)