Kamis, 17 Oktober 2024

Kamis, Oktober 17, 2024
Pj Wali Kota Cirebon, Agus Mulyadi memperkenalkan pakaian dan atribut baru Satlinmas yang telah disesuaikan dengan PerMendagri Nomor 11 Tahun 2023. Foto: Prokompim Setda Kota Cirebon.

KEJAKSAN (CIREBON BRIBIN) - Menjelang pelaksanaan Pilkada Serentak 2024, Pj Wali Kota Cirebon, Agus Mulyadi memimpin apel gelar pasukan Satuan Perlindungan Masyarakat (Satlinmas) dan Petugas Pengamanan Pilkada se-Kota Cirebon di Halaman Balai Kota, Kamis (17/10).

Apel ini dihadiri oleh perangkat daerah terkait, anggota Satpol PP, Satlinmas yang akan bertugas menjaga keamanan selama pelaksanaan pemilihan.

Dalam amanatnya, Pj Wali Kota menegaskan pentingnya persiapan yang matang dalam menjaga ketertiban dan keamanan masyarakat.

“Tugas yang kita emban ini adalah pekerjaan besar yang mulia. Mari kita jalankan sebagai ladang ibadah. Kita harus membuktikan bahwa kita siap melaksanakan pengamanan Pilkada Serentak di Kota Cirebon dengan sebaik-baiknya,” ungkapnya.

Agus menyoroti bahwa keberhasilan Pilkada tidak hanya bergantung pada pihak penyelenggara, tetapi juga pada peran aktif seluruh komponen masyarakat.

“Pelaksanaan Pilkada Serentak 2024 adalah momen penting bagi kita semua. Setiap individu, termasuk anggota Satlinmas, memiliki tanggung jawab untuk memastikan jalannya proses demokrasi yang aman dan damai,” ujarnya.

Ia juga menekankan pentingnya pembinaan Satlinmas termasuk pengamanan langsung (pamsung) maupun yang ditugaskan sebagai pengamanan wilayah (pamyah) agar dapat siap secara mental dan fisik.

“Kami akan terus melakukan pembinaan agar Satlinmas benar-benar siap menghadapi tantangan di lapangan,” tegas Agus.

Dalam apel tersebut, Agus menyampaikan sejumlah instruksi kepada anggota pamsung dan pamyah.

Ia mengingatkan untuk selalu menjaga mental dan fisik, serta melaksanakan tugas pengamanan dengan profesional dan proporsional.

“Hindari sikap emosional dan arogan. Ingatlah bahwa setiap daerah memiliki karakteristik dan tingkat kerawanan yang berbeda,” jelasnya.

Selain itu, Ia juga menekankan pentingnya netralitas dalam melaksanakan tugas. “Jaga selalu netralitas pada saat bertugas, dan laporkan setiap kejadian yang berkembang di lapangan sesuai hierarki. Ini adalah tanggung jawab kita bersama,” tuturnya.

Untuk diketahui, Pilkada Serentak 2024 di Kota Cirebon akan melibatkan 1.097 anggota Pamsung yang terbagi ke dalam 547 TPS. Jumlah anggota pengamanan wilayah untuk Pilkada terdiri atas 197 personil, termasuk 62 anggota Satpol PP dan 135 anggota Satlinmas.

“Dengan jumlah yang signifikan ini, kita berharap dapat memberikan rasa aman dan nyaman bagi seluruh masyarakat saat pelaksanaan pemungutan suara,” imbuhnya.

Agus juga turut memberikan apresiasi yang tinggi kepada anggota Satlinmas atas dedikasi dan pengabdian selama ini.

“Saya mengucapkan terima kasih kepada seluruh anggota Satlinmas yang telah bekerja keras. Kalian adalah ujung tombak pengamanan, dan peran kalian sangat penting dalam menjaga ketertiban masyarakat,” ungkapnya.

Sebagai bagian dari upaya peningkatan profesionalisme, dalam kesempatan tersebut Agus memperkenalkan pakaian dan atribut Satlinmas terbaru yang telah disesuaikan dengan Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 11 Tahun 2023.

“Dengan adanya pakaian dan atribut baru ini, saya berharap dapat meningkatkan disiplin, kewibawaan, serta keseragaman identitas Satlinmas Kota Cirebon,” katanya.

Dengan semua persiapan yang telah dilakukan, diharapkan pelaksanaan Pilkada Serentak di Kota Cirebon dapat berjalan dengan aman, lancar, dan memberikan rasa nyaman bagi seluruh masyarakat.

"Ini adalah momen penting bagi demokrasi, dan semua pihak diharapkan berperan aktif untuk menyukseskannya," tutup Agus. (CB-003)