Kamis, 17 Oktober 2024

Kamis, Oktober 17, 2024
Edutrain adalah metode pembelajaran dengan mengajak anak-anak untuk belajar di luar kelas guna mengenal lingkungan baru yaitu stasiun dan kereta api. Program Edutrain ini mengalami peningkatan jumlah peserta dibandingkan periode tahun 2023.

KEJAKSAN (CIREBON BRIBIN) - PT KAI Daop 3 Cirebon terus berperan proaktif dalam komitmen global dan nasional terkait pembangunan berkelanjutan atau Suistainable Development Goals (SDGs).

Oleh karena itu, untuk mendukung bidang pendidikan berkualitas, PT KAI Daop 3 Cirebon menyelenggarakan Program Edutrain.

Manager Humas Daop 3 Cirebon, Rokhmad Makin Zainul mengatakan, Edutrain adalah metode pembelajaran dengan mengajak anak-anak untuk belajar di luar kelas guna mengenal lingkungan baru yaitu stasiun dan kereta api.

"Mereka sekaligus belajar seluk beluk perkeretaapian dan menawarkan pengalaman yang menarik dengan naik Kereta Api," katanya, Kamis (17/10).

Ia mengungkapkan, selama Januari hingga Oktober 2024, PT KAI Daop 3 Cirebon sudah melayani sebanyak 32.131 peserta Edutrain dari berbagai sekolah yang terdiri dari TK dan SD.

"Angka ini meningkat 24.623 peserta atau 30,49 persen dibandingkan periode sama pada 2023 yang hanya melayani 7.508 peserta Edutrain," ungkapnya.

Lebih lanjut Zainul menjelaskan, Program Edutrain yang diadakan Daop 3 antara lain dari Stasiun Cirebonprujakan menuju Tegal atau Brebes pergi pulang menggunakan KA Kaligung dan Argo Cheribon.

Kemudian dari Cirebon Prujakan menuju ke Pekalongan menggunakan KA Kaligung serta dari Stasiun Cirebon menuju ke Purwokerto menggunakan KA Ranggajati.

"Selain naik KA, peserta edutrain juga diberikan edukasi terkait perkeretapaian, di antaranya tata cara naik kereta api, fasilitas dan teknologi kereta api, profesi-profesi di PT KAI," jelasnya.

Kemudian, peserta Edutrain diberi edukasi larangan yang tidak boleh dilakukan selama naik kereta api dan kemudahan memesan tiket melalui aplikasi Access by KAI.

Produk dan layanan KAI serta sosialisasi keselamatan agar tidak bermain di sekitar jalur KA dan tidak melakukan vandalisme melempar KA.

"Untuk semakin menambah minat peserta edutrain, PT KAI Daop 3 Cirebon juga menawarkan paket edutrain dengan memberikan menu makanan sehat bagi peserta berupa susu dan snack," ujar Zainul.

"Dengan edutrain ini diharapkan dapat menumbuhkan kecintaan generasi muda terhadap transportasi KA, selain sebagai komitmen KAI dalam menghadirkan layanan yang menjawab kebutuhan pelanggannya, termasuk pelanggan anak-anak dengan menyediakan sarana transportasi yang selamat, aman dan nyaman serta ramah bagi anak-anak," tambahnya.

Adapun untuk informasi lebih lanjut terkait paket Edutrain, Zainul mengatakan, dapat menghubungi Tim Marketing Edutrain Unit Angkutan Penumpang PT KAI Daaop 3 Cirebon pada nomor +62 811-2021-0003. (CB-003)