Rabu, 02 Oktober 2024

Rabu, Oktober 02, 2024
Penandatanganan MoU antar UGJ dan Institute of Molecular Bioscience, Mahidol University, Thailand. Foto : Dok. Humas UGJ

KESAMBI (CIREBON BRIBIN) - Universitas Swadaya Gunung Jati (UGJ) melakukan kerjasama dengan Institute of Molecular Bioscience, Mahidol University Thailand yang ditandai dengan penandatanganan Mou pada Rabu 25 September 2024 di Mahidol University, Thailand.

Rektor UGJ, Prof. Dr. Ir. H. Achmad Faqih, S.P., M.M., IPU., CIRR., mengatakan, kerjasama ini sebagai upaya dalam mewujudkan visi UGJ untuk menjadi perguruan tinggi riset unggulan berbasis kearifan lokal menuju tataran global tahun 2034.

"Kerjasama ini menjadi sebuah kehormatan bagi UGJ dan menandai tonggak penting dalam kolaborasi akademik antara UGJ dan Mahidol University," ucapnya.

Ia memaparkan, kerjasama ini akan memperkuat kemitraan akademik dan penelitian antara UGJ dan Mahidol University di berbagai bidang seperti biosains molekuler, bioteknologi, dan ilmu pengetahuan.

"Dengan berbagi pengetahuan dan sumber daya, kita dapat mencapai hasil yang lebih besar hasil yang lebih besar dan memecahkan masalah-masalah penting di bidang kesehatan dan lingkungan. Kami harap hal ini, bisa menjadi sarana untuk mewujudkan visi fakultas kedokteran universitas swadaya gunung jati yaitu terwujdnya program studi Sarjana Kedokteran dan Program studi profesi dokter yang unggul di bidang Pendidikan kedokteran berbasis Masyarakat," paparnya.

Beberapa program kemitraan yang dapat diimplementasikan dalam program kemitraan akademik dapat berupa Penyelenggaraan Program Penyuluhan Kesehatan, seperti mengadakan konferensi atau lokakarya tentang topik kesehatan dan Penelitian Berbasis Masyarakat, seperti melakukan penelitian untuk mengidentifikasi isu-isu kesehatan di masyarakat, yang dapat digunakan untuk merancang intervensi yang tepat.

Selain itu, kerjasama ini juga dapat memperluas program pertukaran mahasiswa dan fakultas yang akan memperkuat wawasan akademis dan budaya sehingga pada akhirnya dapat melahirkan mahasiswa yang lebih siap menghadapi berbagai tantangan kesehatan masyarakat dan lebih mampu memberikan pelayanan yang berorientasi pada kebutuhan masyarakat.

Terkahir, melalui kerjasama ini akan memperkuat pengembangan inisiatif dan program bersama antara UGJ dan Mahidol University seperti kemungkinan program gelar bersama, penelitian kolaboratif penelitian kolaboratif, dan pusat inovasi.

Inisiatif ini tidak hanya akan meningkatkan akademik dari kedua institusi kami, tetapi juga memposisikan kami sebagai pemimpin dalam biosains molekuler dan bioteknologi di kawasan Asia Tenggara.

"Kami memiliki harapan yang tinggi untuk kolaborasi ini. Kami percaya bahwa Nota Kesepahaman ini adalah hanyalah awal dari sebuah kemitraan yang panjang dan sukses. Kami berharap untuk bekerja sama untuk menciptakan penelitian, program akademik, dan proyek-proyek baru yang yang dapat memberikan manfaat bagi komunitas dan masyarakat secara keseluruhan," kata Prof Achmad Faqih.

Tak lupa, lanjutnya, UGJ juga mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada pimpinan dan pimpinan dan staf pengajar di Institut Biosains Molekuler, Universitas Mahidol, atas sambutan hangat dan kesediaan untuk berkolaborasi.

"Saya yakin bahwa bersama-sama, kita akan mencapai hasil yang luar biasa dan menciptakan masa depan yang cerah untuk UGJ dan Institute of Molecular Bioscience, Mahidol University," tambahnya. (CB-003)